Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Nusa Utara

KPUD Sangihe Diperiksa Inspektorat Provinsi

Redaksi Manado Today   |   30 Januari 2012 – 22:10 WITA
Kres Gaghola

Drs Kres Gaghola

Tahuna, (manadotoday.com) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sangihe diperiksa pihak Inspektorat Provinsi Sulut, terkait dana sengketa Pemilukada Sangihe tahun 2011 yang berbandrol Rp 300 juta itu.
Tim Inspektorat yang berjumlah lima orang itu melakukan pemeriksaan terhadap oknum ketua KPUD Sangihe berinisial JM bersama sekertarisnya yang berinisial WL, berkaitan dengan pemanfaatan dana sengketa Pemilukada senilai Rp 300 juta termasuk uang fee proyek pembuatan kertas suara serta adanya dugaan sejumlah SPPD fiktif.
Drs Kres Gaghola salah satu Komisioner KPUD Sangihe, kepada manadotoday Senin (30/1/2012), tak menampik ketika ditanya soal kedatangan tim Inspektorat Provinsi Sulut yang melakukan pemeriksaan di kantor KPUD Sangihe.
“Benar, ada tim dari inspektorat Provinsi dating ke daerah ini, untuk melakukan pemeriksaan pemanfaatan dana sengketa Pemilukada di Mahkamah Konstitusi (MK) pada akhir September 2011 lalu,” ujar Gaghola.
Lebih jauh, Gaghola mengatakan, bahwa pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak Inspektorat terhadap penggunaan dana sengketa Pilkada oleh KPUD Sangihe itu patut dilakukan, karena disinyalir pemanfaatan dana yang berbandrol Rp 300 juta itu diduga ada penyimpangan yang terindikasi korupsi.
Dia berharap, hasil pemeriksaan dari tim Inspektorat Provinsi tersebut akan melahirkan rekomendasi lebih lanjut ke aparat hokum untuk diproses secara hukum.
“Kami berharap, hasil pemeriksaan tersebut akan direkomendasikan ke aparat hukum untuk ditindaklanjuti, sebab uang sengketa Pilkada Sangihe yang berjumlah Rp 300 juta itu patut dipertanyakan, karena laporan kasus Pilkada Sangihe yang diajukan oleh kubu WS-Bermakna itu tidak ada proses persidangan karena laporanya telah dicabut pelapor sendiri, sehingga kalau anggaran untuk sengketa seperti itu harus diusut tuntas,” tukasnya lagi.
Sementara itu, sejumlah wartawan yang berada di Biro Sangihe kesulitan menghubungi ketua dan Sekretaris KPUD Sangihe untuk dikonfirmasi, karena keduanya jarang berada di Kantor. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading