Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

Kredit ke UKM Hanya Dijadikan ‘Jargon’ Perbankan di Sulut

Staff Manado Today   |   24 Juni 2011 – 20:02 WITA

Manado Today – Kredit atau permodalan usaha untuk kegiatan Usaha Kecil Menegah (UKM) di Sulut, dinilai hanya sebagai jargon perbankan di daerah ini. Pasalnya, sebagian pelaku UKM di Bumi Nyiur Melambai, ternyata kesulitan untuk mendapatkan kredit dari berbagai perbankan, padahal sudah melalui proses berlaku.

“Kami nilai perbankan hanya menjadikan program bantuan kredit kepada pelaku UKM sebagai jargon. Buktinya, sampai saat ini belum ada yang terealisasi,” ungkap anggota DPRD Sulut, Bart Senduk, Jumat (24/6/2011).

Kata Senduk, penilaian ini setelah mereka banyak menerima keluhan dari warga, yang mengaku kesulitan permohonan kredit yang tak ditindak lanjuti perbankan. Untuk itu, pihaknya meminta agar Pemda merespon keluhan warga, dengan meminta pihak perbankan turut membantu para pelaku UKM.

“Kegiatan UKM merupakan salah satu penggerak roda perekonomian warga, dan bisa mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi. Namun kalau begini, pasti ekonomi masyarakat tidak akan mengalami peningkatan,” terang Senduk.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sulut, Sus Sualang Pangemanan, mengungkapan, sejumlah warga di Minahasa Utara (Minut), mengatakan hal yang sama, dimana mereka sulit mendapatkan permodalan untuk UKM, sebab terlalu birokratis dan memberatkan.

“Perbankan selalu meminta jaminan, padahal ini merupakan program tanpa jaminan, asalkan memiliki usaha jelas serta dijamin pemerintah,” pungkasnya. (ann/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading