Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

KRI Rencong Bekuk Pun Boat Seribet Milik Philipina

Aldy Monareh   |   11 November 2011 – 19:58 WITA
Seribet

Kapal Pun Boat Seribet yang ditangkap KRI Rencong

Bitung, MTC – Kapal Republik Indonesia (KRI) Rencong berhasil menangkap kapal Ikan jenis Pun Boat 6 GT berbendera Philipina yang diberi nama Seribet, diperairan Indonesia, tepatnya di laut Sulawesi.
Demikian diungkapkan Letkol Laut Wahyu Endriawan, yang memimpin operasi penagkapan kepada sejumlah wartawan, Jumat (11/11/11) di Pangkalan angkatan laut Bitung.
Diceritakan Endriawan, awalnya pada Senin (7/11) lalu, KRI Rencong berangkat dari Toli-toli menuju laut Sulawesi dengan tujuanm melaksanakan operasi. Kemudian pada Selasa (8/11), sekitar pukul 19.00 tepat di posisi 03.17 derajat lintang utara dan 121.37 derajat bujur timur di perairan Sulawesi, KRI Rencong kemudian berhasil menangkap kapal ikan berbendera Philipina jenis Pun Boat yang kemudian langsung di giring ke pangkalan Angkatan Laut Bitung.
Dalam operasi penangkapan tersebut kata Endriawan , setelah dilakaukan pemeriksaan didapati 1 nahkoda bersama 3 ABK dengan dokumen kapal yang sudah kadaluarsa.

Wahyu Endriawan

Letkol Laut Wahyu Endriawan

“Sementara barang bukti berupa 1 unit kapal Pun Boat beserta personilnya, saat ini sudah di tahan di pangkalan Satkamla Bitung,” ujar Endriawan.
Perbuatan para Nelayan ini kata Wahyu, melanggar UU No 31 tahun 2004 tentang Perikanan, dimana kapal tanpa dokumen harus di sita sedangkan personilnya di hukum sesuai keputusan pengadilan.
“Operasi ini akan terus di lakukan untuk mengatisipasi menyusupnya Nelayan Philipina, mengingat saat ini hingga dua bulan kedepan adalah musim ikan, “ pungkas Endriawan.
Sementara itu Kapten kapal Seribet Ramli Miranda (37) warga Philipina kepada sejulah wartawan dihadapan Letkol Laut Wahyu Endriawan mengaku bahwa kapal mereka bertolak dari Samboaga Resort General Santos City dengan 2 ABK ,dan hanya akan beroperasi di sekitar perbatasan Filipina dan Tahuna. namun karena telah melewati perbatasan kapal mereka lansung ditangkap KRI Rencong. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading