Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung, Headline

KRI Tedong Naga- 819 Tangkap 18 ABK Philipina di Perairan Laut Banda Sulawesi

Redaksi Manado Today   |   1 Oktober 2010 – 21:40 WITA

Bitung Today – KRI Tedong Naga-819 milik TNI AL,menangkap pambut KM Jala 38 diperairan laut Banda Selatan di pulau Tivore tepatnya antara pulau sulawesi dan Halmahera,pada posisi 00,16 U,126-14.44 T sekitar 100 mil dari Bitung. KRI Tedong NagaDalam kapal tersebut didapati 18 ABK asal Philiphina yang tidak mempunyai Identitas,serta 2 Orang Indonesia yang salah satunya teridentifikasi bernama Guntur Rasubala Nakhoda KM Jala 38.
Kapten Laut (P) Sigit SugihartonO Komandan KRI Tedong Naga kepada Manado Today Jumat (01/10/10),menuturkan bahwa peristiwa penangkapan tersebut terjadi pada tanggal 28/09/10 sekitar pukul 16.45 Wita tepatnya di pulau Tivore di perairan Banda Selatan, awalnya ketika KRI Tedong Naga-819 sedang melakukan oprasi diperairan Sulawesi,mendapat kontak spot radar dari KM Jala 38, kemudian dengan menggunakan teropong sudah dapat dipastikan bahwa itu adalah pambut.

”Karena pambut tersebut sangat mencurigakan maka saya (Kapten Laut Sigit Sugihartono) perintahkan untuk mendekati pambut tersebut dengan terlebih dahulu dilakukan peran tempur bahaya umum dan dilanjutkan dengan peran tempur,dan kemudian diadakan pemeriksaan,” terang Sigit.

Dan setelah setelah diadakan pemeriksaan menurut Sigit, didapati 18 ABK Asal Philiphina yang tidak mempunyai identitas serta 2 orang asal Indonesia yang salah satunya Nakhoda Kapal.
” Kesalahan yang kami dapati dalam pemeriksaan KM Jala 38,adalah SIB atau surat ijin Berlayar sudah tidak berlaku,tidak memasang tanda pendaftaran,tidak memiliki pasport dan kemudahan khusus keimigrasian (Dasuskim) dan Ijin mempekerjakan tenaga asing (IMTA),dan kemudian karena tidak memiliki dokumen dan identitas yang lengkap KM Jala dibawa Ke SATKAMLA Danlantamal VIII dengan waktu dua hari untuk di proses lebih lanjut,” kata Sigit sembari menambahkan para ABK ketika ditangkap tidak melakukan perlawanan,dan beruntungnya ketika ditangkap mereka belum melakukan aktifitas oleh karena itu tidak ditemukan barang bukti berupa ikan .(lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading