Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kriminalitas di Manado Alami Peningkatan

Redaksi Manado Today   |   28 Maret 2011 – 23:15 WITA

Manado Today – Tindak kriminalitas selang minggu keempat Maret 2011 di Kota Manado, Sulawesi Utara, mengalami kenaikan dibanding sebelumnya.

Kasubag Humas Polresta Manado, AKP Deisi Hamang di Manado, Senin mengatakan hasil evaluasi dilakukan pada minggu keempat tercatat ada sekitar 110 kasus tindak kriminalitas yang dilaporkan ke polisi.

“Dibandingkan minggu ketiga Maret sebanyak 99 pengaduan, terjadi peningkatan sekitar 11 kasus,” kata Hamang.

Deisi Hamang mengatakan kasus gangguan Kamtibmas menonjol yang terjadi, masing-masing, pencurian biasa sembilan kasus, aniaya sepuluh kasus, pencurian kendaraan bermotor sembilan kasus dan pencurian kekerasan tujuh kasus.

Pencurian kendaraan bermotor masih cukup tinggi, sehingga kepolisian melalukan berbagai langkah antara lain operasi kendaraan pada malam hari.

“Masyarakat juga diimbau untuk ikut menjaga kendaraan dimiliki melalui, antara lain dengan tidak memarkir sembarangan serta memperhatikan kunci kendaraan,” katanya.

Masih tingginya kasus aniaya, kata Hamang, antara lain akibat dari pengaruh minuman keras.

Dalam mengeliminir kasus tersebut, kepolisian melakukan langkah antara lain, menggiatkan bintara pembina (Babin) Kamtibmas.

“Babin Kamtibmas tersebut turun ke tengah-tengah masyarakat dalam melakukan pembinaan,” katanya. Terkait dengan gangguan Kamtibmas yang dilaporkan ke polisi, Hamang mengatakan, terbanyak di Polresta Manado.

Dari 110 kasus yang dilaporkan, sebanyak 40 kasus langsung ke Polresta Manado, kemudian Polsek Malalayang 13 kasus, Polsek Tuminting dan Polseslk Mapanget masing-asing 12 kasus, Polsek Wanea enam kasus dan Polsek Singkil lima kasus, serta Polsek lainnya dibawa jumlah tersebut.

“Dari 110 kasus yang dilaporkan tersebut, terselesaikan sebanyak 51 kasus,” katanya. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading