Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kronologis Lahan Eks Kampung Texas

Redaksi Manado Today   |   25 Januari 2011 – 11:02 WITA

Versi Pemerintah Kota Manado

AWALNYA kampung Texas adalah tanah ex Barat dimana dengan undang-undang nomor 5 tahun 1960 digugurkan menjadi tanah negara, PT Pantja Niaga bermohon meminjam ke Kota Praja di tahun 1971, HGB 45/wenang dikeluarkan dan berlaku 20 tahun dan berakhir tahun 1991. Kemudian PT Pantja Niaga bermohon meminjam ke pemkot di tahun 1991, HGB 39/Wenang Utara dikeluarkan dan berlaku 20 tahun dan berakhir 14 mei 2011 dan setiap dua tahun sebelum berakhir, wajib melapor ke pemkot Manado.
Penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) 38 tahun 1971 tentang penggabungan, PT Pantja Niaga bergabung dengan PT Cipta Niaga dan berdasarkan PP 22 tahun 2003 tentang Perubahan Nama PT Cipta Niaga menjadi PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

PT PPI kemudian dinyatakan “collapse” dan seluruh aset terpaksa dilelang, termasuk sertifikat HGB tanpa sepengetahuan Pemkot Manado. Hasil lelang ini, dimenangkan pengusaha asal Makassar Efendi Purnama dengan nilai lelang terbayar RP 9,2 M.
Sebelumnya tanggal 14 juli 2010, Penjabat Walikota Manado Drs Robby J Mamuaja menyampaikan secara lisan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulut untuk tidak memperpanjang HGB 39 Kampung Texas. Sedangkan penyampaian secara tertulis pada tanggal 28 juli 2010, Pemkot menyurat ke BPN Sulut untuk pencegahan perpanjangan HGB 39.
Namun sebelumnya, tanggal 21 juli 2010 pengajuan Effendi Purnama ke BPN agar diterbitkannya HGB untuk 30 tahun lagi, telah disetujui. dan tertanggal 23 juli 2010, BPN mengeluarkan sertifikat HGB yang baru.
Sementara itu,tertanggal 20 januari 2011 tanah tersebut berstatus quo, dan oleh kejari manado sementara melakukan pengkajian kasus tersebut.

Sumber Data : Pemkot Manado Bagian Hukum dan Bagian Aset

dikirim melalui facebook seluler

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading