Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

KT Pelita Kumelembuai Kembangkan Tanaman Aren

Staff Manado Today   |   9 Agustus 2012 – 13:43 WITA

Kumelembuai (manadotoday.com) — Setelah berhasil menanam kayu berbagai jenis, antara lain, cempaka, mahoni dan buah-buahan, Kelompok Tani Pelita Desa Kumelembuai Kecamatan Kumelembuai, Minahasa Selatan kini melilirik tanaman aren (seho).

‘’Kami kini memprogramkan untuk menanam jenis tanaman aren (Seho),’’ kata Ketua Kelompok Tani Kumelembuai Denny Liando, kemarin.

Menurutnya, tanaman aren sebenarnya tidak asing lagi bagi masyarakat di desa Kumelembuai. Sebab, tanaman ini sudah dikenal puluhan tahun bahkan ratusan tahun di desa tersebut.

‘’air nira dari aren biasa produksi masyarakat di sini untuk menjadi gula merah (gula aren) atau pun cap tikus. Namun, karena peredaran cap tikus mendapat pengawasan ketat dari para aparat makanya aren seolah tidak lagi digubris para petani,’’ katanya.

Namun dengan terus meningkatnya teknologi, apalagi dengan upaya pemerintah mengembangkan bioetanol dari aren, maka kami coba mengembangkan tanaman aren untuk bahan baku bioetanol. Apalagi ada rencana pemerintah kabupaten Minahasa untuk mengembangkan bioetanol untuk mengatasi krisis energi di negara ini.

‘’Paling tidak apa yang kita kembangkan ini bukan lagi untuk bahan baku cap tikus tapi untuk bioetanol sebagai bahan baku energi,’’ tuturnya.

Seperti diketahui, bioetanol kini menjadi salah satu produk yang dikembangkan pemerintah untuk mengatasi krisis energi. Sebagai salah satu bahan baku bioetanol yang terbaik adalah dari air nira (aren).

Kebutuhan etanol dunia juga terus meningkat. Karena pemanfaatannya beragam, mulai dari subtitusi bahan bakar minyak, industri farmasi, sampai dengan pengganti minyak tanah. (arm)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading