Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

KTNA ‘Masih’ Ragukan Kebijakan Swasembada Beras

Redaksi Manado Today   |   17 Oktober 2011 – 15:13 WITA

Manadotoday.com, ManadoSwasembada Beras yang mencapai 700 ton, sebagai salah satu sasaran kebijakan pembangunan Provinsi Sulut tahun 2012 mendatang, ternyata masih mengundang tanda tanya kalangan petani di daerah ini.

Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Sulut Ir. Lexie BM Solang pada manadotoday Senin (17/10/2011) mengatakan, dirinya mempertanyakan kebijakan pertanian yang tidak dilaksanakan hingga ke instansi teknis, dengan sebutan ‘Ekor tidak mengikuti Kepala’, sehingga petani belum maksimal menunjang diversifikasi pertanian, terutama beras.

“Seharusnya kebijakan yang ada, harus dilaksanakan oleh instansi terkait atau SKPD yang bertanggung jawab untuk pertanian. Namun kenyataan yang ada, selama ini instansi terkait hanya bergelut dengan hal-hal yang rutin, tanpa terobosan yang berarti,” kata Solang.

Selanjutnya politisi GERINDRA di Komisi I Deprov Sulut ini mengatakan, selain dibutuhkan langkah proaktif SKPD terkait, dunia pertanian Sulut sangat membutuhkan pembenahan infrastruktur, penyediaan bibit padi unggul serta kebijakan pemanfaatan lahan kering untuk ditanami padi.

“Kami berharap terobosan pemerintah dibidang pertanian, sehingga target produksi beras 700 ton tahun depan, menjadi kenyataan. Dan kita jangan hanya bertumpu pada produksi padi sawah, sementara lahan-lahan kering yang dapat ditanami padi selama ini tidak tersentuh kebijakan,” tandas Solang. (jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading