Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

KTR Segera Diterapkan, Dinkes Siapkan Payung Hukum

Staff Manado Today   |   26 April 2011 – 09:02 WITA

Ratahan Today – Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam waktu dekat ini akan menerapkan aturan Kawasan Tanpa rokok (KTR) di beberapa lokasi tertentu seperti tempat ibadah, perkantoran, kendaraan umum serta lokasi umum lainnya.Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra sementara menyiapkan payung hukum yang menjadi landasan dari penerapan KTR ini.

Kepala Dinkes Mitra dr Lily Mawati menjelaskan, payung hukum dimaksud adalah berupa produk dalam bentuk Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang menjadi dasar hukum dan aturan kebijakan ini.

“Gagasan penerapan KTR ini merupakan bagian dalam mendukung program Mitra menuju Kabupaten sehat dan kawasan bersih,” katanya.

Mawati mengungkapkan, setiap lokasi yang akan dijadikan KTR seperti tempat-tempat umum, akan diberi tanda dengan menaruh papan pengumuman. “Jadi misalnya ada papan atau-pun baliho dan sejenisnya yang bisa dibaca jelas bertulis dilarang merokok misalnya, atau kawasan tanpa asap rokok, dan seruan lainnya,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam rangka sosialisasi hidup sehat ini pihaknya memang fokus dalam upaya pembatasan rokok dalam rangka mencegah pengaruh dan akibat yang ditimbulkan.

“Pengaruh negatif rokok di kesehatan sangat besar, antara lain menjadi penyebab kanker, jantung dan lain-lain. Tak hanya bagi perokok, tetapi juga orang yang menghirup asap rokok atau perokok pasif,” tandasnya.

Dalam Ranperda juga, akan dicantumkan sanksi bagi pelanggar aturan tersebut.(vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading