Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Ekonomi dan Keuangan

Kumaat: Disperindag Harus Publikasi Harga Komoditas Dunia

Redaksi Manado Today   |   9 Maret 2011 – 06:30 WITA

komoditas unggulan sampleManado Today – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) diminta mempublikasikan secara luas kepada masyarakat perkembangan harga komoditas pangan dunia.

“Masyarakat Sulut perlu mengetahui tren harga khususnya pangan yang terjadi di berbagai negara, terutama terkait krisis pangan yang terjadi saat ini,” kata Anggota Komisi II Perekonomian dan Keuangan, Teddy Kumaat di Manado.

Diharapkan masyarakat menjadi lebih faham dan pada akhirnya mempersiapkan untuk memperkuat stok pangan.

Teddy mengatakan, dalam pemberitaan saat ini selalu diulas tentang krisis pangan diakibatkan pengaruh global sebagai dampak negara-negara produsen pangan mengalami kekurangan pasokan.

“Nah ini harus diimbangi dengan pengetahuan tentang harga, kalau terjadi kenaikan berarti masalah krisis pangan sudah memprihatinkan dan harus segera diambil langkah,” kata Teddy.

Manfaat lain dengan mempublikasikan berbagai harga komoditas di berbagai negara, kata Teddy, maka petani dan pedagang komoditas pangan di daerah ini dapat mengikuti perkembangan yang terjadi. “Dengan mengetahui harga pangan di negara lain, maka pelaku usaha di daerah ini dapat memanfaatkan peluang terutama ekspor,” kata Teddy.

Publikasi ini membutuhkan biaya, untuk itu maka Disperindag harus mengusahakan bagaimana pun caranya yang penting bagaimana informasi harga ini dapat diketahui secara luas.

Kepala Disperindag Sulut, Sanny Parengkuan mengatakan, akan mempertimbangkan usul publikasi harga komoditas dunia. “Dibutuhkan bukan hanya anggaran, tetapi sumber daya manusia, tetapi ini usul baik yang bisa dijadikan program Disperindag ke depan,” kata Sanny. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading