Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut, Politik

Kumaat : Otonomi Daerah Tergantung Keikhlasan Pemerintah Pusat

Redaksi Manado Today   |   23 Mei 2011 – 16:24 WITA

Manado Today – Keberhasilan pelaksanaan Otonomi Daerah (Otda) sangat tergantung Politicalwill dari pemerintah pusat, seperti kerelaan dan keiklasan pusat menyerahkan urusan keuangan kepada daerah Kabupaten/Kota. Pernyataan ini diungkapkan personil Komisi II DPRD Sulut Teddy Kumaat pada manadotoday Senin (23/05/2011).

“Inti dari Otonomi Daerah sebenarnya adalah keiklasan pemerintah pusat menyerahkan urusan keuangan ke daerah, dan jika mencontoh negara-negara yang berekonomi maju seharusnya pusat-pusat perekonomian, tidak bercampur dengan pusat pemerintahan dan hal ini terbukti berhasil. Kita lihat Australia, Amerika Serikat bahkan negara tetangga Malaysia, berhasil ketika terjadi pembagian urusan ke wilayah-wilayah yang dinilai strategis untuk dikembangkan menjadi kawasan perekonomian,” kata Kumaat.

Selanjutnya Kumaat menyorot alokasi pajak yang harus diserahkan ke pusat dan daerah tinggal menerima bagi hasil yang dinilai sangat kecil. “Pajak pertambangan Nilai dan pajak penghasilan, merupakan pendapatan yang besar dan hingga saat ini pemerintah pusat tidak transparan mengenai jumlah setoran pajak-pajak itu, dan jika Pemerintah pusat secara transparan, tentu dapat diketahui berapa bagi hasilnya,” tandas Kumaat. (jwt)

 

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading