Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut, Manado

Kumaat : Penanaman Pohon Trembesi Berpotensi Kerugian

Staff Manado Today   |   28 Juli 2011 – 09:23 WITA

Manado Today – Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut Teddy Kumaat, menilai Pohon Trembesi yang ditanam oleh Pemkot Manado dan sejumlah kabupaten kota lain di trotoar atau di tepi jalan, yang bertujuan untuk menghijaukan Kota tidak cocok karena dapat berpotensi kerugian dan mengancam keselamatan warga.

”Sebaiknya pemerintah mengkaji lagi pohon apa yang tepat untuk ditanam di trotoar dan tepi jalan. Dan mengganti pohon Trembesi dengan pohon lain sebelum potensi kerugian yang nantinya akan ditimbulkan terjadi,” ujar manatan Wakil Walikota Manado ini.

Sebab pohon ini jika sudah dewasa dan berumur 10 tahun lebih bisa menimbulkan kerugian, sebab akar pohon tersebut hanya berada di permukaan yang pada akhirnya akan merusak trotoar dan jalan.

”Trembesi sebenarnya cocok di tanam di pendestrian (trortoar; red) yang lebar atau di taman, bukan di tortoar kecil atau di tepi jalan ,” ujarnya.

Disamping dapat berpotensi kerugian pohon ini juga kata Kumaat, bisa mengancam keselamatan nyawa manusia karena kondisi pohon yang lembek dan mudah patah jika terjadi hujan dan angin kencang, belum lagi rentangannya jika sudah dewasa bisa mencapai 20 meter yang bisa mengganggu bangunan sekitar.

”Sifat perumbuhan yang cepat membuat pohon ini lembek, dan jika badai mudah patah sehingga mengancam warga yang sedang berkendaraan,”ujarnya.

Kumaat menyarankan, sebaiknya pemerintah menanam pohon Mahoni dan Ansana seperti yang dahulu pernah ditanam oleh Pemkot Manado beberapa tahun lalu Wempi Frederik dan dirinya masih memimpin Kota Manado.

”Karena pohon Mahoni dan Ansana akarnya tidak timbul dipermukaan ketika sudah dewasa dan konturnya kuat sehingga tidak mudah patah,” saran Kumaat. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading