Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Kumtua Tombatu 3 Dinonaktifkan, Komisi A Dekab Mitra Panggil Eksekutif

Redaksi Manado Today   |   10 Maret 2011 – 02:05 WITA

Ratahan Today-Buntut dinonaktifkannya Hukum Tua (Kumtua) Desa Tombatu 3 Kecamatan Tombatu Timur, berinisial AP, pihak Komisi A Bidang Pemerintahan dan Perekonomian Dekab Minahasa Tenggara (Mitra) bakal memanggil pihak eksekutif.
Pasalnya, penonaktifan tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan gejolak dimasyarakat. Alasannya, hal ini dinilai terlalu dini untuk dilakukan, dimana ada sejumlah aturan yang melekat erat dengan kedudukan seorang kumtua.
Dari informasi, penonaktifan kumtua tersebut dilakukan pihak eksekutif melalui pemerintah kecamatan setempat. Diduga, loyalitas kumtua bersangkutan menjadi salah satu pertimbangan eksekutif mengambil kebijakan penggantian sementara tampuk pemerintah di Desa Tombatu 3.
“Kami hanya mengharapkan ada penjelasan dari pihak eksekutif agar tidak terjadi polemik dimasyarakat. Sebab perlu kita ingat, kumtua dipilih oleh masyarakat berdasarkan sejumlah aturan yang ada. Seperti halnya di Mitra, hal ini diatur dalam peraturan daerah yang mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 tahun 2005 tentang Desa,” ujar salah satu anggota Komisi A Dekab Mitra, Tavif Watuseke.
Dikatakannya, hearing bias dilakukan dengan melihat kondisi lapangan usai penonaktifan dilakukan. “Kalau hearing kita lihat perkembangan berikutnya. Namun yang pasti, pihak eksekutif harus memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait penonaktifan salah satu aparatur pemerintah desa,” ujar Watuseke.
Sementara, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Umum Bonny Mokorimban ketika dikonfirmasi, mengaku tak pernah mengurusi proses penonaktifan tersebut. “Saya memang mendengar hal ini. Namun kewenangannya ada di BPMPD atau pemerintah kecamatan,” singkat Mokorimban. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading