Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Kurangi Konsumsi BBM di Sulawesi Tengah, PLN Operasikan PLTM

Aldi Mawitjere   |   30 Juni 2012 – 21:33 WITA
PLN

Pengoperasian PLTM Sawidago I (1 x 380 KW) Tentena PLTM – IPP Hek II (2 x 750 KW) Luwuk

TENTENA, (manadotoday.com) – PLN terus bekerja keras dan fokus didalam upaya mengurangi rasio energy fuel mix pada tahun 2012, terutama di Indonesia Timur. Pasalnya, hingga Juni 2012 rasio penggunaan BBM sebagai sumber energi dalam memproduksi listrik masih berada di kisaran angka 60%.

Direktorat PLN Indonesia Timur optimis dapat menekan angka rasio penggunaan BBM dari 60% menjadi turun hingga kisaran 20-an % pada akhir tahun 2012, tepatnya sebelum 31 Desember 2012. Salah satu upaya yang dilakukan oleh PLN adalah dengan mempercepat pengoperasian pembangkit-pembangkit baru yang menggunakan energi terbarukan.

Direktur Operasi PLN Indonesia Timur, Vickner Sinaga, belum lama ini, meresmikan pengoperasian PLTM Sawidago I (1 x 380 KW) yang berlokasi di Tentena, Kabupaten Poso dan PLTM – IPP Hek II (2 x 750 KW) di Kabupaten Luwuk, semuanya berada di propinsi Sulawesi Tengah.

Acara peresmian ini, turut disaksikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Poso, Samsuri, mewakili Pemerintah Kabupaten Poso, Kepala Divisi Transmisi PLN Indonesia Timur, Widodo Mulyono dan General Manager PLN Wilayah Suluttenggo, Santoso Januwarsono, Kepala Pusharlis PLN, Budi Susanto dan tamu undangan lainnya termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Dengan beroperasinya PLTM Sawidago I dengan kapasitas operasi 380 KW dan PLTM – IPP Hek II kapasitas 1500 KW tersebut, maka PLN dapat melakukan penghematan penggunaan BBM sebanyak 903.000 liter per tahun atau setara dengan nilai penghematan 8,3 miliar rupiah per tahun.

Hal ini menjadi signifikan dalam upaya PLN menghemat kuota BBM dan menghemat subsidi yang diberikan oleh pemerintah, selain tentunya sebagai bagian dari tugas utama PLN melayani pertumbuhan penggunaan listrik di Sulawesi Tengah.

Khusus untuk PLTM Sawidago I, merupakan hasil karya dari salah satu unit usaha milik PLN, yaitu Pusharlis (Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan), yang saat ini fokus dalam melakukan pengembangan teknologi turbin yang digunakan oleh PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro) dan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro).

Direktur Operasi PLN Indonesia Timur, Vickner Sinaga, berharap agar PLTM yang baru diresmikan tersebut, dapat dijaga bersama oleh seluruh masyarakat yang ada di Tentena maupun Luwuk, karena aset PLTM ini bukanlah hanya milik PLN semata tapi juga milik masyarakat.

“PLTM ini dibangun untuk kepentingan kita bersama, yaitu menyediakan listrik bagi seluruh masyarakat, dan kami berharap agar masyarakat mau ikut serta menjaga aset ini dan memanfaatkan listrik untuk tidak sekedar kebutuhan sehari-hari tapi juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat” ujar Vickner Sinaga.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading