Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Kurangi Pengeluaran Rumah Tangga, Penyaluran Raskin Diintensifkan

Ardi Kalumata   |   16 April 2012 – 16:26 WITA
beras miskin

Raskin

TOMOHON, (manadotoday.com)—Sebagai upaya mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengeluaran rumah tangga, terutama warga miskin, Pemerintah Kota Tomohon terus mengintensifkan penyaluran Beras Miskin (Raskin).
Saat ini Pemerintah Kota Tomohon melalui Bagian Administrasi Perekonomian sementara melaksanakan penyaluran Raskin.
‘’Program beras untuk keluarga miskin merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan bantuan pangan atau beras kepada keluarga miskin untuk mengatasi kekurangan gizi masyarakat,’’ ungkap Kabag Administrasi Perekonomian Setdakot Tomohon Max Mentu SIP MAP.
Menurutnya, RTS-PM Raskin pada tahun 2012 hingga tahun 2014, ditetapkan berdasarkan Pendataan Program Perlindungan Sosial tahun 2011 (PPLS-’11) BPS.
Tahun 2012 tambah mantan Camat Tomohon Barat ini, pemerintah menerapkan kebijakan baru dalam sistem pendataan RTS yang dilakukan oleh Tim Nasional Percepatan Penaggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan Sekretariat Wakil Presiden.
Kebijakan dimaksud adalah sistem basis data terpadu program perlindungan sosial yang mencapai 40 persen dari jumlah penduduk, berbagai aspek strategis dalam tahapan pelaksanaan penyaluran Raskin. Pihak mana yang bertanggung jawab diformulasikan dalam suatu pedoman yang disebut Pedoman Umum (Pedum) Penyaluran Raskin 2012.
Pedoman ini merupakan acuan makro dalam pelaksanaan program raskin secara nasional, belum mengakomodasi dan mengantisipasi hal-hal yang bersifat spesifik lokasi. Instruksi Presiden tentang kebijakan perberasan nasional yang setiap tahun diterbitkan menginstruksikan kepada Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah non Kementerian tertentu, serta Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia untuk melakukan upaya peningkatan pendapatan petani, ketahanan pangan, pengembangan ekonomi, perdesaan dan stabilitas ekonomi nasional.
Berdasarkan SK Gubernur Nomor B-28/KMK/DEP. II/I/2012 tanggal 6 Januari 2012 tentang Pagu Raskin Propinsi Bulan Januari-Mei tahun 2012. Pagu Raskin Kota Tomohon tahun 2012 Rumah Tangga Sasaran (RTS) berjumlah 5.636 dengan pagu per bulan 84.540 dan Quantum (Januari-Mei 2012) sebesar 422.700. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading