Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Headline

Kwalitas Cengkih Sulut Terbaik di Dunia

Staff Manado Today   |   19 Mei 2011 – 10:47 WITA

Manado Today – Ketua APCI (Asosiasi Petani Cengkih Indonesia) Sulut Prof A Rondonuwu menyatakan aroma dan kwalitas cengkih Sulut terbaik di dunia. Hal dikatakan Rondonuwu dalam rangka memperingati satu abad rokok kretek di Indonesia. Menurut Prof Rondonuwu, temuan kalangan ahli dengan berbagai penelitian bahwa merokok dapat menyembuhkan beberapa penyakit dikarenakan efek cengkih di dalamnya.

“Masih adanya pro dan kontra terhadap rokok belakangan ternyata mulai dijadikan obat. Dengan mengunakan filter rokok sehat yang sudah dikemas berdasarkan hasil penelitian di Malang, Jawa Timur. Bahkan abu rokok digosokan ke kulit untuk mengobati, yang terindikasi disebabkan radikal bebas di lingkungan sekitar,”tandasnya.

Pun demikian, APCI Sulut sangat mendukung apa yang kini sedang digalakan sejumlah organisasi seperti Masyarakat Bangga Produk Indonesia (MBPI) bersama Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI).

Lanjut dikatakannya, ada tiga pilar yang terkait dengan produk rokok keretek, yakni kearifan lokal, kemandirian ekonomi dan kedaulatan politik serta ekonomi. Dan kedua terpenting yaitu kontribusi bagi pemerintah.

“2010 lalu, totall penerimaan sekitar Rp 80 triliun terbagi cukai Rp66 Triliun dan pajak Rp14 triliun,”katanya.

Alhasil, untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Sulut dan pelaku ekonomi Sulut, kalau kwalitas cengkih Sulut terbaik se Indonesia.

“Kebutuhan cengkih 110 ribu ton pertahun. Sulut sendiri menjadi menjadi terminal dari Indonesia Timur,”katanya seraya menambahkan bahwa keretek sudah sangat vital bagi bangsa ini. Makanya harus dijaga karen ini merupakan aset.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading