Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Labok : Perlu Ada Pembatasan Bangunan di Derah Lereng Kota Bitung

Aldy Monareh   |   9 Desember 2011 – 21:30 WITA

Bitung, MTC – Pembangunan gedung dan perumahan di Kota Bitung di wilayah Lereng, perlu ada pembatasan. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya bencana longsor.
Demikian dikatakan Pimpinan PT Asana Ir Novianty Murp melalui staf ahli PT Asana Ir Carter Labok, yang merupakan merupakan konsultan Tata Ruang Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.
”Warga diharapkan tidak asal bangun, tanpa melihat kondisi tanah, apalagi wilayah Bitung merupakan daerah yang berpasir,” ungkap Labok
Dicontohkannya daerah Utara Kelurahan Kakenturan, yang harus dibatasi pembangunan perumahan atau pembangunan lainnya oleh pemkot Bitung.
”Ini untuk antisipasi terjadinya longsor, karena kondisi tanah di Lereng yang berpasir tidak akan kuat menahan bangunan dan ini akan sangat beresiko terjadi longsor,” tandasnya.
Disisi lain, dikatakan putra Papua ini, untuk mengantisipasi terjadinya banjir pasir yang masih merupakan persoalan klasik, karena masih sering terjadi ketika hujan deras, menyarankan agar perlu dilakukan pemeliharaan dengan mengangkat sendimentasi pasir yang menghalangi saluran air.
”Konsepnya sederhana dengan mengangkat sendimentasi pasir di dalam darainase, melakukan perbaikan drainse dan tumpukan pasir di pembuangan akhir drainase sehingga permukaan pasir tidak akan semakin tinggi. Dan yang terpenting warga jangan membuang sampah di drainase agar saluran air akan berjalan normal,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading