Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Lagi, Warga Paceda Keluhkan Limbah Batu Bara PT MNS

Aldy Monareh   |   17 September 2011 – 17:10 WITA

Bitung Today – Warga Paceda Kecamatan Matuari, yang tinggal di lokasi PT Multi Nabati Sulawesi (MNS) Kota Bitung, kembali mengeluhkan limbah debu batu bara milik PT MNS. Pasalnya akibat debu itu, membuat udara di lokasi perusahaan tersebut kurang baik, sehingga sangat mengancam Kesehatan warga setempat.

Kami sangat terganggu dengan adanya debu yang ditimbulkan dari timbunan batu bara milik PT MNS. Sebab akibat debu yang terbang dibawah angin ke pemukiman kami (warga, red), banyak warga yang mengeluhkan sesak nafas, ujar Agus Corneles warga setempat.

Bukan hanya masalah terganggunya saluran pernafasan yang akan mengakibatkan Iinveksi saluran Pernafaasan akut (Ispa), yang paling dikawatirkan warga, debu batu bara yang terbawah angin bisa saja bercampur dengan makanan yang mereka konsumsi, karena debu tersebut terbawa angin hingga ke dapur.

Debu tersebut bisa saja telah kami makan, karena mungkin sudah tercampur dengan makanan yang kami konsumsi, karena terbawa angin hingga ke tempat makan (dapur, red) ,  ujarnya.

Diakuinya beberapa bulan lalu pihaknya pernah mengeluhkan hal ini ke pemerintah setempat, yang ditindaklanjuti oleh pihak perusahaan dengan perbaikan tembok sekitar penampungan batu bara, namun hal tersebut tidak serta merta menyelesaikan solusi, karena jika angin kencang debu batu bara tetap terbawa angin hingga ke pemukiman.

Belum lagi jika angin berasal dari arah selatan, debu pasti terbang ke lokasi pemukiman,  ujarnya sembari meminta kepada pihak perusahaan dan pemerintah setempat secepatnya mencarikan solusi terbaik, agar warga tidak dirugikan. Karena jika tidak kami akan melakukan demo, ancamnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading