Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Lahamendu : 60 Persen Penyebab Disclaimer Adalah Masalah Aset!

Redaksi Manado Today   |   14 Agustus 2012 – 11:44 WITA
Olden Lahamendu

Kadis PPKA Sangihe, Olden Lahamendu BST SE MSi

TAHUNA, (manadotoday.com) – Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Kauangan dan Aset (PPKA) Sangihe, Olden Lahamendu Bst SE MSi menyatakan, 60 persen penyebab disclaimer adalah masalah aset.

“Saya telah melakukan kajian secara statistik menyangkut pengelolaan serta keberadaan aset milik pemerintah daerah, ternyata data inventarisasi aset yang dimiliki dinas PPKA tidak sesuai dengan aset yang ada di sejumlah SKPD sehingga menjadi temuan dari BPK RI, dimana 60 persen penyebab opini disclaimer adalah masalah aset daerah,” ujar Lahamendu kepada manadotoday.

Olehnya, mantan Assisten II Pemkot Bitung itu, langsung turun lapangan untuk menertibkan aset daerah di sejumlah SKPD.

Sebelumnya kata Lahamendu, pihaknya telah menerbitkan formulir kemudian diedarkan kepada seluruh SKPD untuk mencatat seluruh aset yang ada pada formulir yang diedarkan itu.

Setelah itu, tim dari Bidang aset PPKA akan melakukan cross cek, apakah datanya sesuai dengan data aset yang dimiliki Dinas PPKA.

“Selama ini, yang menjadi temuan BPK RI, adalah perbedaan data aset yang dimiliki dinas PPKA dengan data yang ada di sejumlah SKPD. Nah, tujuan penertiban aset yang saya lakukan untuk mengsinkronkan data seluruh aset yang ada di lingkup Pemkab sangihe, sehingga dalam pemeriksaan BPK RI untuk Tahun Anggaran 2012 Kabupaten tidak lagi diberi opini disclaimer dari BPK RI,” kata Lahamendu, seraya menambahkan bahwa, pihaknya juga akan melakukan pendataan aset milik Pemkab Sangihe yang berada di Manado, Jakarta dan Makasar. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading