Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado Siar

Lalaikan Pelayanan, Jamsostek Putuskan Kontrak Satu Dokter

Redaksi Manado Today   |   9 Mei 2011 – 10:16 WITA

Manado Today – Jamsostek Cabang Sulawesi Utara (Sulut) akan memutuskan kerja sama dengan satu dokter penyedia pelayanan kesehatan (PPK I) karena tidak memberikan layanan terbaik kepada peserta jaminan kesehatan.
“Sudah banyak masuk laporan tentang dokter tersebut tidak melayani peserta dengan baik, karena itu merencanakan mengganti dengan dokter lain,” kata Kepala Jamsostek Sulut, Arief Budiarto di Manado.

Arief mengatakan, dokter tersebut sering melalaikan pelayanan kepada peserta Jamsostek, akibatnya mereka harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memeriksakan kesehatannya.
“Kebijakan Jamsostek pelayanan kesehatan kepada peserta harus makin baik, karena itu bila ada dokter yang dilaporkan peserta tidak melakukan pemeriksaan kesehatan sebagaimana mestinya, segera diganti dengan yang lain,” kata Arief.
Ancaman pemutusan hubungan kerja sama juga akan dilakukan kepada dokter yang melakukan pemeriksaan tidak pada tempatnya, misalkan tindakan porno kepada pasien.
“Pernah ada peserta melaporkan dokter melakukan pemeriksaan tidak wajar, misalkan sakit kaki dia minta membuka pakaian, ini merupakan pelanggaran berat dan akan langsung diputuskan kerjasamanya,” kata Arief.
Sementara mengenai laporan adanya PPK II atau rumah sakit di Kota Manado yang melalaikan peserta Jamsostek, kata Arief masih sementara ditelusuri bila memang terdapat indikasi sengaja mengabaikan peserta Jamsostek maka akan dipindahkan ke rumah sakit lain.
“Ini merupakan kerja sama saling menguntungkan, para PPK baik I dan II menerima keuntungan dari kerja sama ini, karena itu bila ada hak pekerja yang terabaikan, maka pilihan terakhir tidak melakukan kerja sama lagi dengan mereka,” kata Arief.
Guna pengawasan yang lebih ketat terhadap pelayanan diberikan kepada seluruh peserta Jamsostek, kata Arief, maka setiap bulan akan digelar temu konsultasi dengan seluruh PPK dan perusahaan serta peserta Jamsostek.
“Dalam pertemuan tersebut masing-masing pihak akan saling terbuka menyampaikan masalah-masalah dalam pelayanan kepada peserta Jamsostek,” kata Arief.
Pelayanan optimal kepada Jamsostek akan diberikan sepanjang hak kepesertaan dilakukan dengan benar, termasuk tidak menunggak iuran. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading