Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Langgar Aturan, Lelang Proyek di Unima Berlanjut di PTUN Manado

Manado Today   |   25 September 2012 – 17:48 WITA
proyek lelang di Unima

Maria Pangemanan SH

Manado (manadotoday.com)-  Proses pelelangan Proyek Paket Renovasi Kolam Renang, Stadion dan GOR Universitas Negeri Manado akhirnya berlanjut di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado. PT Lince Romauli Raya melalui Kuasa Hukum Maria Pangemanan SH dan Egidius Kasengkan menggugat panitia lelang ke PTUN Manado.Gugatan ini telah teregistrasi dengan No. 36/G/TUN/P.TUN.Mdo.

‘’Sesuai jagwal sidangnya akan digelar Selasa 25 September 2012,’’ ujar Maria kepada manadotoday, Selasa (25/9) di PTUN Manado.

Menurut Ria, peserta lelang khususnya, PT Lince Romauli Raya dianggap tidak objektif serta melanggar Ketentuan Perpres No. 54 Tahun 2010 tentang PengadaanBarangdan Jasa Pemerintah . Masalah ini berasal ketika PT Lince Romauli Raya menjadi peserta lelang pada tanggal 8 Juli 2012.

Namun, panitia lelang melakukan pembatalan proses pelelangan tersebut dengan alasan tidak ada penawaran yang lulus evaluasi penawaran. Akhirnya, PT Lince Romauli Raya mengajukankeberatan secara tertulis. ‘’Jika tidak lulus, dalam hal apa?,’’ kata Ria bertanya.

Karena lanjutnya, pihak PT Lince Romauli Raya, menganggap semua persyaratan yang diminta dalam dokumen lelang sudah dipenuhi semua dan sampai dengan saat ini pihak panitia tidak penah mengklarifikasi penwaran perusahaan PT Lince Romauli Raya,’’ katanya.

Padahal, penawaran pihak PT Lince Romauli Raya terendah di antara penawaran lainnya. ‘

’Maksudnya terendah yang wajar, dan lebih menguntungkan negara tentunya,’’ tandasnya.

Ia menjelaskan, pihak PT Lince Romauli Raya mengajukan sanggahan yang merupakan hak dari peserta lelang apabila keberatan dengan adanya penetapan pemenang lelang dari pihak panitia, tapi sanggahan tersebut tidak dibalas sampai telah melewati batas waktu yang ditentukan oleh ketentuan dalam Perpres o.54 Tahun 2010 pasal81 (3), Perperes No.54 Tahun 2010 yakni: UIP/PanitiaPengadaan/Jasawajib memberikan jawab tertulis atas semua sanggahan paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah surat sanggahan diterima.

Menyinggung soal materi gugatan , pihak PT Lince Romauli mohon pada Majelis Hakim PTUN untuk diperintahkan penundaaan (schorsing) serta diperintahkan kepada tergugat atau pejabat TUN yang terkait untuk menunda tindak lanjut surat No. 4088/PAN-DA/UN41/2012 tanggal 31 Agustus 2012 tentang Pengumuman Penetapan Pemenang Lelang atas Proyek RenovasiKolam Renang, Stadion dan GOR Universitas Negeri Manado yang telah menetapkan PT Altira Pramanta sebagai pemenangnnya, serta menyatakan batal atau tidak sah tindakan tergugat yang menerbitkan putusan fiktif (tidak menjawab) menanggapi sanggahan yang disampikan oleh penggugat, juga menetapkan batal atau tidak sah surat No. 4088/PAN-DA/UN 41/2012 tanggal 31 Agustus 2012 tentang Pengumuman PenetapanPemenang Lelang atas Proyek Renovasi KolamRenang, Stadion dan GOR Universitas Negeri Manado,’’ ujar Maria.(arm)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • Rakyat Madiun mengatakan:

    Dear Redaksi,

    untuk mengetahui kredibilitas PT. Lince Romauli Raya, silakan sampaikan ke pihak Unima atau warga Manado untuk mengecek carut marutnya proyek2 yg dikerjakan PT. LRR di:
    1. Pasar Pagatan (proyek tidak selesai dan supplier yg tidak di bayar senilai milyaran rupiah.
    2. Proyek Pasar Madiun, lebih dari 10 milyar dana supplier tidak di bayar (berupa ratusan tukang, suplier bata, besi, baja, beton, dll)
    3. Proyek di daerah aceh, dll

    Silakan Cek ke proyek2 tersebut.

    Pikirkan dg sebaik-baiknya sebelum kerja sama dg PT. Lince Romauli Raya.
    Perusahaan ini hanya menggunakan bendera di daerah-daerah dan jika ada masalah, maka pemilik Lince (Tonggung Napitupulu) akan lepas tangan.

    Cek, periksa sebaik-baiknya sebelum kerjasama.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading