Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Langgar SKep Pramuka, Hasil LT Kwarda Sulut Dipertanyakan

Ardi Kalumata   |   29 Juni 2012 – 12:32 WITA
Kwarcab Pramuka Tomohon

Lomba LT III yang dilaksanakan Kwarcab Pramuka Tomohon beberapa waktu lalu

TOMOHON, (manadotoday.com)—Hasi; Lomba Tingkat (LT) IV Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Sulawesi Utara (Sulut) dipertanyakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Tomohon. Pasalnya, LT IV yang dilaksanakan 25-27 Juni di Manado dinilai melanggar aturan.

Akibat ketidakberesan tersebut, Kwarcab Tomohon melayangkan protes keras ke Kwarda Sulut dan sudah memberitahukan secara lisan ke Kwatir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

Lomba LT IV itu sendiri hanya diikuti oleh dua Kwarca, yakni Tomohon dan Minahasa Utara. Hanya saja, sesuai syarat, yang ikut LT IV harus mengikuti LT III.

Yang diutus Tomohon adalah peserta yang mengikuti LT III. Namun, Minahasa Utara yang tanpa melalui LT III, mengutus peserta mengikuti LT IV.

‘’Ini tidak bisa disahkan. Karena, yang mengikuti LT IV adalah hasil seleksi LT III sesuai persyaratan utama seperti yang disebutkan dalam Surat Keputusan (Skep) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 003/KN/78 tahun 1978 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang,’’ ketus Jorry

Wenur Pengurus Kwarcab Tomohon yang membidangi Andalan Cabang (Ancab) golongan Pramuka Penggalang.

Menurutnya, Tomohon mengutus peserta putra- putri ke LT IV melalui proses LT-III sesuai mekanisme. Dan, regu yang diutus merupakan regu utuh dari Gugus Depan (Gudep), bukan gabungan Gudep.

Kekecewaan muncul setelah mengetahui regu yang diutus Minahasa Utara bukan produk LT III karena mereka tidak melaksanakan lomba tingkat. ‘’Kami menyesal tindakan yang dilakukan pihak panitia karena  mereka menerima peserta LT IV yang tidak melalui proses LT III. Ini bahaya. Mau jadi bagaimana Pramuka kita jika ada hal-hal seperti itu,’’ tandas Wenur seraya menambahkan Dasa Dharma Pramuka ke-10 yakni Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan tidak dilakukan oleh panitia maupun Pengurus Kwarda Sulut.

Harusnya tambah dia, masih saat registrasi peserta, ketika ada yang mendaftar tanpa mengikuti LT III harus segera digugurkan.

‘’Kwarda Sulut harus buka aturan. Ini merupakan pelecehan terhadap generasi Pramuka di Kota Tomohon, karena apa yang terjadi menabrak aturan yang sebenarnya harus dijunjung tinggi Pramuka. Kami akan menyurat resmi ke Kwarda Nasional tentunya disertai bukti-bukti yang jelas dan lengkap,’’ tukas Wenur. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading