Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Manado

Langkah Hukum Bakal Diambil Pemkot Terhadap PT Papetra

Redaksi Manado Today   |   19 Agustus 2010 – 01:57 WITA

Manado Today – Pemerintah Kota Manado akan menempu jalur hukum jika PT Papetra tidak ada upayah untuk menyerahkan lahan 16 persen dari luas lahan reklamasi. Pasalnya hingga saat ini PT Papetra belum secara penuh menyerahkan kepada Pemerintah Kota.Menurut Kabag Hukum Donald Supit SH  kepada manadotoday Rabu (18/08/2010), tarik ulur antara Pemerintah Kota dan PT Papetra yakni lahan 16 persen yang sebagian wilayahnya masih berupa lautan. Berdasarkan amandement perjanjian per tanggal 9 Agustus 2006 luas lahan yang akan direklamasi kurang lebih 8 hectar. “ Lahan reklamasi 16 persen hak pemkot berdasarkan perjanjian hingga kini belum diserahkan secara penuh mengingat sebagian wilayah belum ditimbun, sedangkan berdasarkan kajian para pakar lingkungan dan penegasan Walikota untuk tidak lagi ada penimbunan reklamasi pantai, “ jelas Supit.
Lebih juah dikatakan Supit, upaya pendekatan yang dilakukan pemerintah kota sebagai itikat baik agar segera menyerahkan lahan 16 persen. Sesuai jangka waktu yang diberikan PT Papetra tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sedangkan komitmen awal Walikota untuk tidak ada lagi reklamasi. “ Itikad baik Pemerintah Kota agar segera menyerahkan lahan 16 persen dari yang ada saat, namun jika PT Papetra tetap bersikeras kita akan tempu upaya hukum. Dimana Pemerintah tidak akan mengeluarkan ijin penimbunan, “ ujar Supit.
Sementara itu, Kabag Aset, Mickler Lakat SH MH, menyatakan pihaknya masih menunggu penyelesaian secara hukum. Tim yang dibentuk tidak bisa mengeluarkan sertifikat, jika sudah berbentuk lahan atau daratan apalagi sebagiannya masih lautan. “ Batas waktu 9 agustus 2009. Berdasarkan pertimbangan tim bersama yang terdiri dari Pemkot Manado serta DPRD tidak ada lagi perpanjangan amandemen mengingat wilayah laut itu sudah semakin dalam, “ ungkap mantan kabag hukum ini.(aldi)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading