Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Lanjutan Sidang Epe, Ering Tolak Buat SPJ Fiktif

Redaksi Manado Today   |   1 Maret 2011 – 19:04 WITA

Jakarta Today—Sidang Walikota Tomohon non aktif Jefferson SM Rumajar SE alias Epe dengan nomor perkara 34/pid.B/TPK/2010/PN.Jkt Pst kembali digelar di Pengadilan Tipikor Selasa (1/3) dengan menghadirkan dua saksi JPU dari enam saksi yang dipanggil.

Saksi yang dihadirkan adalah John Ering, mantan Bendahara Dinas Pendidikan Nasional Pemuda dan Olahraga (Diknaspora) dan Hoe Mo Tjun, sebagai pihak pembeli apartemen yang dijual Epe.

Saat memberikan kesaksian, Ering menyatakan menolak membuat Surat Pertanggungjawaban Fiktif (SPJ) senilai Rp 2,5 miliar yang disuruh atasannya. ‘’Saya disuruh membuat SPJ senilai dua miliar lima ratus ribu rupiah namun saya menolak karena tak pernah menerimanya,’’ ungkap Ering dalam persidangan tersebut.

Saat memberikan kesaksian, Ering menyebut nama Denny Polii, mantan petugas bagian input anggaran SKPD. Diungkapkannya, dalam pertemuan seluruh SKPD dan seluruh bendahara, SP2D diberikan oleh Polii kepada Kadis Diknaspora Fentje Goni dan diteruskan kepadanya.

Di akhir kesaksiannya, Ering mengatakan bahwa dirinya tidak pernah bertemu dengan Epe. Padahal, dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP), tertulis bahwa Ering pernah bertemu Epe. ‘’Yang menyuruh membuat SP2D Fiktif adalah Pak Sekretaris Kota dan Pak Yan Lamba,’’ akunya.

Epe sendiri usai sidang menyatakan bahwa dalam BAP-nya, ia mempertanyakan kenapa SKPD membuat SPJ Fiktif. Padahal, ia mengatakan kepada Lamba sangat tak setuju jika ada SKPD membuat SPJ tanpa menerima uang alias fiktif. ‘’Ada yang membuat grand skenarionya dan telah disebut oleh saksi,’’ ujar Epe. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading