Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Utara

Lantamal Manado Lakukan Penanaman Mangrove di Likupang

Staff Manado Today   |   5 Mei 2011 – 21:09 WITA

Likupang Today – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII Manado, Sulawesi Utara, menanam sekitar 2.500 pohon jenis mangrove dan trembesi di Desa Likupang II, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Kamis.Komandan Lantamal VIII Manado Laksma TNI Sugianto di Minahasa Utara mengatakan, penanaman pohon bakau tersebut sebagai bentuk kepedulian pada kelestarian lingkungan.

Menurut dia, penanaman pohon tersebut penting untuk mencegah abrasi pada pantai di wilayah tersebut.

“Kegiatan ini dapat menahan abrasi pantai serta erosi daratan,” kata Sugianto.

Sugianto mengatakan, dari pemantauan diketahui bahwa banyak tanaman bakau di pantai telah mengalami kerusakan sehingga perlu karya nyata untuk menyelamatkan dengan penanaman pohon tersebut.

Melalui langkah ini, diharapkan dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekitar.

“Penanaman pohon ini diharapkan dapat berdampak positif dengan mendorong masyarakat untuk peduli terhadap kondisi lingkungan,” kata Sugianto.

Sugianto menambahkan, kegiatan ini juga dalam rangka pemberdayaan masyarakat pesisir.

Pohon yang ditanam itu terdiri atas 1.500 mongrove dan 1.000 trambesi.

Penanaman pohon itu antara lain dilakukan Danlantamal VIII Manado Laksma Sugianto, Ketua Korcab VIII Jalasenastri Rurin Wulandari Sugianto, Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Utara Dr Lily Kawengian, Kemudian Wakil Komandan Lantamal VIII Manado Kolonel Marinir Harhar Sucharyana, Aspers Lantamal VIII Kolonel Laut (KH) Heryanto, Danyon Marhanlan VIII Mayor Marinir Apollinaris.

Selain penanaman pohon, Lantamal VIII Manado juga melakukan bakti sosial seperti sunatan masal, pengobatan gratis dan pelayanan KB gratis.

Kegiatan itu dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading