Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Lela: Izin Perusahan Pengiriman TKI Harus Jelas

Manado Today   |   25 Juni 2011 – 18:52 WITA

Terkait Pengiriman TKI ke Luar Negeri

Manado Today—Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang menjadi pahlawan devisa negara, diminta untuk betul-betul dilindungi. Tidak hanya itu, persoalan-persoalan yang terus bermunculan saat ini, pemerintah diminta untuk lebih selektif dengan benar perusahan penyedia jasa pengiriman TKI keluar negeri. Disinyalir banyak yang tak memiliki izin resmi dari kementerian terkait.

Pelak saja, landasan hukum perlindungan dan pertanggung jawab dari perusahaan ketika pekerjanya terjadi persoalan di luar negeri, menjadi sangat lemah.

“Pahlawan devisa mesti dilindungi. Awalnya pemerintah mestinya menyeleksi izin perusahaan pengiriman itu harus jelas. Sebab, kami mensinyalir banyaknya perusahan penyedia jasa ilegal, kedepan akan merugikan TKI jika terjadi persoalan di luar negeri,” ujar wakil rakyat DPRD Kota Manado, dari Partai Buruh Sonny Lela kepada sejumlah wartawan.

Dilanjutkannya, mekanisme seleksi pendirian perusahaan jasa TKI pun mesti dilakukan dengan benar. Jangan hanya melihat dari segi keuntungannya saja, namun pada akhirnya merugikan pihak pekerja Indonesia.

“Jangan ada perusahaan yang hanya ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan mengorbankan para TKI. Disamping itu, para calon TKI kami harapkan jangan hanya terpengaruhi dengan iming-iming gaji yang besar, tapi harus melihat dari segala sisi dan aspek termasuk legalnya perusahaan serta tempat yang akan ditempat nantinya,” tutur Sonny.

Legislator yang fokal terhadap masalah ketenagakerjaan itu juga menyinggung soal adanya peraturan antara pemerintah dengan pihak luar negeri yang akan menerima TKI.

“Jelas harus ada kerjasama yang baik agar jika terjadi persoalan TKI akan lebih mudah untuk diselesaikan,” singkatnya. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading