Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Lemhanas Kumpul Data di Sulut

Redaksi Manado Today   |   30 Maret 2011 – 06:00 WITA

Manado Today – Tim Lemhanas melakukan kunjungan kerja di Sulut guna mencari masukan terkait sistem keamanan dan pertahanan nasional di daerah itu.

Tim tersebut dipimpin Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsekal Madya TNI DR Rio Mendung Thalieb bertatap muka langsung dengan Wakil Gubernur Sulut Djauhari Kansil, serta jajaran Muspida di Kantor Gubernur Sulut, di Manado, Selasa.

Tujuan kedatangan itu, untuk untuk mendapat masukan dari provinsi, apakah ada ancaman yang bersifat tradisional dan ancaman lainnya pada sistem pertahanan negara, seperti “ilegal fishing” (pencurian ikan), terorisme dan masalah radikalisme.

“Masalah-masalah diatas sering terjadi di Indonesia, untuk itu kami menjaring informasi untuk memperkokoh ketahanan secara nasional, dimana sesuai undang-undang, Provinsi Sulut juga memiliki kewajiban membangun ketahanan negara secara tradisional maupun non tradisional,” kata Thalieb.

Thalieb mengharapkan bantuan dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjaga ketahanan negara secara bersama-sama.

Sementara itu, Wakil Gubernur Djauhari Kansil mengatakan kunjungan tim Lemhannas di Sulut semakin mempererat tali silaturahmi selama ini telah terbangun dalam kehidupan masyarakat Sulut yang rukun dan damai.

“Kami bangga dan saya percaya bahwa kunjungan tim kerja kajian Lemhannas RI di Sulut, merupakan perwujudan dari komitmen lembaga ketahanan nasional, untuk melihat dari dekat kondisi riil di daerah,” katanya.

Sekaligus memahami dan merasakan denyut aspirasi yang berkembang dalam masyarakat, sebagai mutiara berharga, dalam rangka memformulasikan dan mengimplementasikan berbagai kebijakan secara sinergis berpihak pada masyarakat, sesuai dengan potensi kearifan lokal dan karakteristik daerah.

Pada pertemuan itu, Wakil Gubernur Kansil menginformasikan bahwa Sulut merupakan salah satu provinsi dari tujuh provinsi kepulauan di Indonesia, dan berada di kawasan perbatasan Indonesia dan Filipina.

Kemudian memiliki 286 pulau, 59 berpenghuni dan 227 belum berpenghuni, dengan 11 pulau terluar, dimana tujuh pulau berada di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan empat pulau di Kabupaten Kepualauan Talaud. Dua pulau seperti Miangas dan Marampit langsung berhadapan dengan negara tetangga Filipina.

“Untuk itu, Sulut siap memperkuat daya tangkal terhadap setiap ancaman dari manapun guna memperkokoh NKRI,” tambahnya. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading