Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Nusa Utara

Letusan Karangetang Rusak Gereja dan Rumah Warga

Redaksi Manado Today   |   22 Maret 2011 – 17:24 WITA

Siau Today – Satu gereja dan satu rumah warga dinyatakan rusak berat akibat terjangan meterial panas letusan gunung api Karangetang, di Kabupaten Sitaro pada 18 Maret 2011.
“Adapun gereja yang rusak yakni Gereja Pantekosta di Indonesia (GPDI) Desa Kinali serta satu rumah penduduk yang kebetulan berada dekat dengan sungai Batuloso,” kata salah satu warga Sitaro, Fidel Malumbot, Selasa (22/03/2011).
Sementara itu, ada juga beberapa rumah warga hanya rusak ringan, namun hingga saat ini ribuan warga masih di tempat pengungsian aman seiring dengan aktivitas gunung api itu belum dinyatakan aman.
Malumbot yang juga anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, menuturkan ada dua buah jembatan yang belum representatif juga rusak akibat terjangan material batu panas, dan akses ke Desa Kinali, Mini dan Winangun sudah terputus.
“Kami menyaksikan langsung pemerintah daerah membawa pasokan bantuan pangan dan pakaian hanya melalui jalur laut, karena memang jalur darat sudah tidak optimal lagi,” ucapnya.
Sementara itu, status gunung Karangetang telah ditetapkan Awas level IV dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), ternyata tingkat erupsinya mulai menurun.
“Sudah jarang terdengar lagi bunyi erupsi dari gunung api, namun semburan awan masih sangat terlihat,” ujarnya, menambahkan.
Sebelumnya, Gubernur Sulut SH Sarundajang telah menginstruksikan kepada beberapa instansi terkait segera mengungsikan warga dari lokasi gunung api Karangetang.
“Pada prinsipnya, tindakan awal telah dilakukan pemerintah seperti mengevakuasi warga ke tempat yang aman karena ada 573 warga di zona merah,” kata Gubernur Sulut.
Selanjutnya, pemerintah sudah mengirimkan bantuan seperti tenaga medis, obat-obatan dan makanan ke tempat pengungsian sementara. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading