Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Liando : Putusan MK, Faktor Sosiologi

Redaksi Manado Today   |   17 November 2010 – 19:45 WITA

Manado Today – Pengamat Politik dan Pemerintahan Ferry Daud Liando SIP MSi kepada manadotoday, menanggapi hasil putusan Mahkama Konstitusi (MK) terhadap pelaksanaan Pilwako Manado lebih pada faktor sosiologi. Pasalnya, jika terjadi Pemilihan Suara Ulang (PSU) lagi dua hal yang kemungkinan terjadi yakni pertama tidak akan ada pemilih yang datang ke tempat Pemungutan Suara (TPS) dan kedua kemungkinan terjadi konflik di masyarakat.
“ Sebetulnya, jika diikuti materi HJP-AP masih cukup kuat, namun kemungkinan hakim memandang dari sisi lain yakni Sosiologis. Dan ini sangat memungkinkan dalam putusan hukum, “ jelas Liando.
Lebih jauh dikatakan Liando, keputusan hukum biasanya didasari tiga faktor yakni legalitas, Filosofis dan Sosiologis. Sedangkan faktor sosiologis disesuaikan dengan kondisi psikologis masyarakat.
“ Fakta di lapangan masyarakat sudah jenuh dan tidak mungkin datang ke TPS jika terjadi PSU ulang. Maka putusan MK ini sudah sangat tepat, “ ujar lulusan Magister Autralia ini.(aldi)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading