Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Liando : Wajar Jika Pemilukada Kembali ke DPRD

Aldi Mawitjere   |   19 Maret 2012 – 10:11 WITA
Liando

Ferry Daud Liando SIP MSi

Manado, (manadotoday.com) – Pengamat pemerintahan dan politik DR Ferry Liando SIP MSi mengatakan bahwa kebijakan pemilukada telah jauh menyimpang dari tujuan yang dicita-citakan. Bahkan Undang-undang 32 tahun 2004 menegaskan pemilukada langsung diharapkan melahirkan pemimpin yang berintegritas dan mendorong partisipasi penuh dari rakyat untuk menentukan sendiri siapa pemimpinnya.
“Kenyataan yang terjadi sebagian kepala daerah hasil pilihan rakyat dianggap tidak memiliki kapasitas yang memadai. Fakta banyak yang korup, kinerja buruk, tak mampu tingkatkan PAD, buruknya pertumbuhan ekonomi dan terbatasnya lapangan pekerjaan merupakan bukti atas kelemahan ini,” terang magister Australia itu.
Disisi lain, rakyat yang diberikan kesempatan untuk memilih ternyata kerap berkhianat dengan hati nurani.
“Mereka lebih suka memilih kepada siapa yang memberikan material dari pada pemimpin yang punya kapasitas. Kualitas pemilukada juga kerap tidak optimal akibat lemahnya kelembagaan penyelenggara pemilukada. Sebagian kerap terlibat deal politik dengan pasangan calon,”jelas Liando dalam acara pendidikan dan pelatihan GAMKI Manado di Kakas akhir pekan.
Olehnya sangatlah wajar jika pemilukada di kembalikan kepada DPRD. Hanya saja, Liando belum setuju kalau pemilukada dilakukan oleh DPRD sekarang.
DPRD saat ini adalah produk parpol yang tidak wajar. Mengingat sebagian tidak mengikuti pola rekrutmen yang tidak jelas. Hanya karena bermodal finansial dan kedekatan kekerabatan maka ia menjadi anggota DPRD. Jadi untuk mengembalikan pemilukada ke DPRD perlu pembenahan parpol terlebih dahulu,”pungkasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading