Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Lima Daerah di Sulut Berebut ICT Pura

Aldi Mawitjere   |   21 November 2011 – 15:08 WITA

Frangky MocodompisManado, MTC – Jika Kementerian Lingkungan Hidup memiliki penghargaan Adipura untuk memilih kota terbersih, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika punya gawean yang kurang lebih sama.
Namanya ICT Pura, yaitu ajang memperebutkan penghargaan di bidang ICT bagi pemerintah daerah. Untuk tahun 2011, ICT Pura diikuti oleh 165 kabupaten/kota. Di Sulawesi Utara sendiri, 5 kabupaten/kota dipilih mengikuti ajang kompetisi pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia yaitu Manado, Tomohon, Bolmong, Minahasa, dan Bitung.,
Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo, Gatot S. Dewa Broto menjelaskan, ICT Pura adalah gerakan yang melibatkan pemangku kepentingan di bidang TIK untuk memetakan serta menghitung indeks kesiapan kabupaten-kabupaten dan kota-kota di Indonesia dalam menghadapi era masyarakat digital yang berbasis TIK.
Inisiatif baru ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika No. 194/KEP/DJPPI/KOMONFO/07/2011 tentang Tim Pelaksana Program ICT Pura.
“Program ICT Pura didorong atas kebutuhan yang mendesak bagi pemerintah untuk segera memiliki suatu kumpulan data indikator di bidang TIK yang lengkap, termutakhir dan terukur hingga ke tingkat kabupaten/kota,” ujar kepala Seksi Pelayanan pers dan pengelola media center, Frangky Mocodompis SSos mengutip keterangan Gatot.
“Urgensi program ICT Pura juga memiliki keterkaitan kuat terhadap komitmen pemerintah Indonesia untuk memenuhi 10 sasaran World Summit on Information Society (WSIS) 2015,” imbuhnya.

Diketahui, Kementerian Kominfo menilai indeks yang merepresentasikan tingkat kesiapan TIK dan tantangan yang dialami tiap-tiap daerah sebagai sesuatu yang penting. Alhasil, apa yang terpaparkan nantinya dapat menjadi masukan bagi kelengkapan kebijakan dan regulasi yang dibuat, maupun program-program yang dilaksanakan.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading