Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Lima Komponen Kunci Kesejahteraan Petani

Staff Manado Today   |   18 Juli 2011 – 10:17 WITA

Manado Today – Gerakan sentuh tanah (GST) yang dicanangkan pemerintah provinsi Sulawesi Utara untuk memperkuat ketahanan pangan terus mendapat dukungan berbagai elemen masyarakat di daerah ini. Tak hanya petani yang ikut aktif memanfaatkan lahan pertanian. Sejumlah instansi ikut menggerakan program GST ini, termasuk jajaran Kepolisian di daerah ini.

Polsekta Malalayang misalnya, berhasil melakukan panen perdana jagung yang ditanam di Malalayang II.

‘’Polisi saja boleh tanam milu (jagung) apalagi torang petani,’’ tutur Herson, petani yang menggarap lahan di sekitar lokasi jagung Polsekta Malalayang.

Meski demikian, untuk memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani, menurut Dosen Fakultas Pertanian Universitas Udayana Doktor Ni Luh Kartini, di Denpasar, Senin, tidak bisa dilakukan dengan hanya menanam saja. Tapi, ada lima komponen penting harus mendapat penanganan serius.

“Kelima komponen itu, satu sama lain saling terkait, mulai dari ketersediaan sumber daya alam pertanian hingga pascapanen dan pemasaran,” katanya. Selain itu juga, menyangkut sumber daya manusia (SDM) pertanian, distributor, ahli pertanian, peranserta dan keterlibatan pemerintah serta penerapan teknologi pertanian.

Dalam pembangunan ekonomi kreatif petani, lanjutnya, pasar menjadi kunci keberhasilan utama disamping empat komponen pendukungnya. ‘’Demikian pula terjadinya perdagangan yang adil antara petani sebagai produsen dan distributor sebagai penyalur hasil pertanian, sehingga keuntungan akan berpihak kepada petani,’’ tutur Ni Luh Kartini.(dri/ant)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading