Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Nusa Utara

Lima Nelayan Sangihe Hilang, Satu Orang Selamat

Redaksi Manado Today   |   13 Juni 2012 – 23:33 WITA
Kapal Nelayan sangihe Tenggelam

Salah satu Kapal Nelayan Sangihe yang tenggelam

TAHUNA (manadotoday.com) – Cuaca buruk yang menerpa perairan Kepulauan Sangihe, Selasa kemarin, tak hanya menenggelamkan kapal nelayan dan merusak kapal Patroli milik KPLP Tahuna.

Namun, menyebabkan lima orang nelayan yang sedang berada di sebuah ponton perairan Sangihe dinyatakan hilang, dan sementara satu orang nelayan bernama Firdaus Makawengkas (31) warga Kelurahan Asantiago Tahuna dinyatakan selamat, meski saat ditemukan dalam keadaan sekarat di pinggir pantai oleh warga Kampung Kendahe.

Makawengkas yang kini dirawat di Puskesmas setempat, mengatakan, saat terjadi badai, dirinya bersama lima orang nelayan yang tidak dia kenal, sedang menangkap ikan di sebuah ponton dimana perahu mereka diikat di ponton.

Ketika angin kencang dan gelombang laut berkecamuk, dia melepaskan ikatan tali perahunya, dari ponton.

Ironisnya, ketika lepas dari pontoon, perahunya sudah tak bisa dihidupkan lagi dan akhirnya dia hanyut dan terdampar di pasntai Kampung Kendahe Kecamatan Kendar.

Dirinya kemudian dilarikan ke pusakesmas setempat, untuk mendapat perawatan.

Lanjutnya menceritakan, saat dirinya melepas dari ponton, ada lima orang nelayan yang diduga hanyut bersama ponton karena tali jangkarnya putus.

Namun dirinya tidak mengenal kelima orang nelayan yang diduga hanyut itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sangihe, Ir Reintje Tamboto, ketika dikonfirmasi manadotoday membenarkan soal hilangnya lima orang nelayan pada saat terjadi badai itu.

“Kami sudah mendapat laporan soal hilangnya lima orang nelayan yang diduga hanyut bersama ponton. Hingga saat ini, nasib kelima nelayan tersebut belum diketahui,” ujar Tamboto, seraya menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Basarnas dan Lanal Tahuna untuk melakukan pencarian terhadap kelima nelayan yang hilang itu. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading