Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Tomohon

Limbah Pabum Geothermal Diduga Cemarkan Air Pangolombian

Redaksi Manado Today   |   9 Februari 2011 – 09:15 WITA

Tomohon Today—Pencemaran lingkungan terjadi di Kota Tomohon. Mata air yang biasa digunakan masyarakat Pangolombian kini telah tercemar. Air yang biasanya jernih, kini telah berubah warna menjadi agak kecoklat-coklatan. Diduga, pencemaran air tersebut diakibatkan limbah panas bumi (Pabum)  Geothermal Pertamina yang ada di Pengolombian.
Kepada manadotoday, tokoh masyarakat Pangolombian Didi Mantiri mengungkapkan, pencemaran seperti ini sebenarnya telah terjadi pada tahun 2005 lalu. Hanya saja, waktu itu hanya didiamkan.
‘’Kalau terus dibiarkan, ini sama dengan membunuh perlahan-lahan warga Pangolombian. Sebab, tidak mungkin air yang telah berwarna coklat akibat limbah tersebut tidak berbahaya. Paling tidak beberapa tahun ke depan,’’ ketus Mantiri.
Dari pantauan, dalam radius sekitar 50 meter dari lokasi, daun-daun mulai layu. Tanaman yang berada di kebun beberapa warga sudah layu pula.
Lurah Pangolombian Jemmy Sarese mengatakan akan segera menyurat ke Pemkot Tomohon sebagai laporan serta meminta klarifikasi atau pertanggung jawaban dari pihak Geotherman Area Panas Bumi Lahendong.
‘’Ini memang tidaak boleh berlarut-larut karena ini menyangkut kehidupan warga Pangolombian dan sekitarnya,’’ tukas Sarese. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading