Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Headline

Limbah PT MNS dan PT Aliance Internasional Dikeluhkan Warga

Redaksi Manado Today   |   18 Oktober 2010 – 22:52 WITA

Bitung Today – Warga sekitar PT Multi Nabati Sulawesi yang berlokasi di Kelurahan Madidir Unet dan PT Aliance Internasional di Kelurahan Paceda kecamatan Madidir, mengeluhkan limbah bekas olahan pabrik sudah sangat menganggu warga sekitar, pasalnya bekas olahan pabrik tersebut ditenggarai telah mencemari lingkungan dan sangat mengganggu kenyamanan warga yang bermukim di sekitar lokasi pabrik dua perusahaan ini.

Beberapa warga yang berlokasi di sekitar dua pabrik tersebut menuturkan kepada wartawan Senin 18/10/10,bahwa kedua perusahan tersebut telah melakukan pencemaran udara dan air.“Beberapa hari terakhir ini akibat hempasan debu batu bara yang diduga berasal dari penampungan milik PT MNS,sumur makanan dan perabotan yang di jemur menjadi hitam, ” keluh Ani Dorong warga sekitar PT MNS.

Keluhkan yang sama juga dialamatkan sejumlah warga sekitar kepada PT Aliance Internasional, pabrik pengelolaan ikan kaleng yang menurut pengakuan warga telah mencemari udara dengan bau yang ditimbulkan  akibat pengelolaan makan ternak (Fish Meal) tepung ikan. “Akibat tepung ikan yang di produksi PT Aliance Internasional berterbangan ke pemukiman warga membuat warga sering kali kesulitan bernafas terlebih bau tidak sedap yang ditimbulkan,” ujar Yantje Kansil salah satu warga Paceda sembari berharap pihak terkait segera menindaklanjuti keluhan warga.

Humas PT MNS Nimrod Butarbutar ketika dikonfirmasi terkait keluhan warga sekitar perusahan,membantah PT MNS telah melakukan pencemaran lingkungan,karena menurutnya pihaknya

dalam beroprasi selalu  MNS dalam beroperasi selalu mengutamakan kenyamanan warga sekitar dan kenyamanan perusahaan. ”Kami selalu mengutamakan dampak lingkungan,dan setahu saya perusahaan tidak pernah melakukan pencemaran dalam beroprasi.Dan jika ada warga yang merasa dicemari agar menaympaikan pengaduan pada PT MNS,”terang Butarbutar.

Sayangnya pihak PT Aliance Internasional melalui Asisten Manager Lito masih enggan menjawab perihal keluhan warga tersebut. Terpisah Kepala Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bitung Dra Adrianan Dondokambey MSi ketika dikonfirmasi mengatakan dirinya telah mendapatka informasi terkait adanya pencemaran lingkungan yang dilakukan PT MNS dan PT Aliance Internasional, pihaknya langsung melakukan peninjauan lokasi, namun benar tidaknya pencemaran belum dapat dipastikan karena masih dalam pemeriksaan.

” Kepada masyarakat agar segera melaporkan kepada BLH Bitung jika menemukan adanya pencemaran yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan atau instansi lainnya,karena di BLH Bitung disiapkan Pos pengaduan masyarakat,” kata Dondokambey. (lou)

Dikirim melalui Facebook Seluler

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading