Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

LIRA Nilai Penyusunan APBD 2012 Rentan Money Politics

Aldy Monareh   |   26 Oktober 2011 – 17:46 WITA

Manadotoday.com, Bitung – Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Bitung, melalui Ketuanya Sanny Kakauhe, mensinyalir bahwa penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang saat ini sementara digodok pihak eksekutif dan legislatif sangat rentan dengan politik uang atau money politics.

Hal ini kerap dilakukan oleh berbagai kalangan dalam rangka menggolkan sejumlah rancangan yang diusulkan untuk dialokasikan dalam APBD.

”Kami ingatkan agar pihak eksekutif dan legislatif untuk tidak menyimpang dari aturan dalam menyusun APBD 2012,” tandas Sanny.

Dijelaskan Sanny, kerawanan money politics yang bisa saja terjadi dalam penyusunan APBD sebelum anggaran publik tersebut ditetapkan oleh DPRD.

”Nah di ruang inilah yang bisa berpotensi terjadinya politik uang, sehingga berakibat anggaran publik tidak akan berfungsi sebagai alat pengawasan karena hanya dipilih pemerintah,” ujarnya.

Karena itu Sanny berharap dalam penyusunan APBD 2012 tidak akan terjadi money politics, dan benar-benar APBD 2012 nanti kesemuanya adalah untuk kepentingan Rakyat.

”Kami harapkan APBD 2012 adalah APBD yang pro Rakyat, bukan semata untuk kepentingan politik atau kalangan tertentu. Karena ini adalah Uang Rakyat yang pada prinsipnya kepentingan Rakyatlah yang harus menjadi prioritas,” ujar Sanny sembari menambahkan bahwa pihaknya akan terus memantau dan akan mengkritisi jika APBD nantinya bukan pro Rakyat. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading