Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Liuw: Kameya di Kakaskasen Tomohon Bukan Situs Budaya

Ardi Kalumata   |   26 September 2012 – 20:42 WITA
Liuw: Kameya di Kakaskasen Tomohon Bukan Situs Budaya

Jan Liuw, tokoh masyarakat Kakaskasen Satu

TOMOHON, (manadotoday.com) – Pernyataan sejumlah orang yang mengatakan bahwa Kameya di Kakaskasen Satu Tomohon Utara merupakan situs budaya, dibantah Jan Liuw, tokoh masyarakat Kakaskasen Satu.

Liuw yang adalah Kepala Lingkungan IV Kelurahan Kakaskasen Satu mengatakan, batu-batu yang ditulis nama Opo hanyalah buatan mereka yang sering melakukan ritual di sana.

“Itu hanya batu biasa lalu dibentuk dan ditulis nama. Jadi, bukan ada sejak leluhur,” ungkapnya kepada wartawan seraya menambahkan lokasi Kameya masuk di Lingkungan IV Kelurahan Kakaskasen Satu.

Kalau di lokasi Pinawelaan, Liuw mengaku bahwa lokasi permandian tersebut sudah sejak dahulu dijadikan tempat permandian dan sudah dikeramatkan. Karena berdasarkan cerita-cerita, jika ada yang akan maju berperang, dimandikan di sana.

Itu juga sering digunakan oleh Anton Sulu, warga Kakaskasen untuk mengobati orang sakit. Namun, belakangan lokasi tersebut sudah dijadikan tempat ritual yang melibatkan anak-anak sekolah.

Akibat sering didatangi orang melaksanakan ritual yang angggotanya terdiri dari anak sekolah, timbul kemarahan warga sehingga mereka merusak lokasi Kameya dan Pinawelaan.  (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading