Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Liuw: Pemberian Bansos Mengacu pada Permendagri 32/2011

Ardi Kalumata   |   3 Februari 2012 – 08:37 WITA
Asisten bidang administrasi umum tomohon

Ir Ervinz DH Liuw MSi

Tomohon, (manadotoday.com)—Agar pemerintah daerah tidak mudah tersandung masalah hukum akibat Bantuan Sosial (Bansos), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah mengeluarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 32/2011.
Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Ir Ervinz DH Liuw MSi mengatakan, mulai tahun 2012 ini, pemberian Bansos sudah mengacu pada Permendagri Nomor 32/2011 tersebut.
‘’Jadi, pemberian Bansos sudah tidak lagi langsung dari pemerintah kota, melainkan lewat dana hibah kepada organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan,’’ ungkap Liuw kepada wartawan.
Permendagri 32/2011 tersebut antaranya mengatur bahwa daerah diperbolehkan memberikan bantuan sosial kepada anggota/kelompok masyarakat sesuai kemampuan keuangan daerah, setelah memprioritaskan pemenuhan belanja urusan wajib dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas dan manfaat untuk masyarakat.
‘’Yang dapat menerima bantuan sosial juga telah ditentukan yaitu individu, keluarga, dan atau masyarakat yang mengalami keadaan yang tidak stabil sebagai akibat dari krisis sosial, ekonomi, politik, bencana, atau fenomena alam, dari kemungkinan terjadinya resiko social,’’ jelas Liuw.
Liuw mencontohkan, bantuan social untuk gereja-gereja nantinya akan diberikan dalam bentuk hibah ke organisasi seperti Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSAUA), bantuan social untuk olahraga melalui organisasi olahraga seperti KONI yang kemungkinan dalam waktu dekat akan dibentuk serta organisasi social kemasyarakatan lainnya.
Jika pada masa lalu lanjut liuw, penerima bantuan sosial sering mengabaikan pertanggungjawaban bantuan yang telah diterima. Ini membuat pejabat pengelolanya selalu disibukkan dengan urusan yang sebenarnya menjadi tangungjawab penerima bantuan.
Namun berdasarkan Permendagri Nomor 32 Tahun 2011, penerima bantuan sosial bertanggungjawab secara formal dan material atas penggunaan bantuan sosial yang diterimanya. Pertanggungjawaban itu meliputi laporan penggunaan bantuan sosial oleh penerima bantuan sosial, surat pernyataan tanggungjawab yang menyatakan bahwa bantuan sosial yang diterima telah digunakan sesuai dengan usulan dan bukti-bukti pengeluaran yang lengkap dan sah sesuai peraturan perundang-undangan bagi penerima bantuan sosial berupa uang atau salinan bukti serah terima barang bagi penerima bantuan sosial berupa barang. Dan pertanggungjawaban itu disampaikan kepada kepala daerah paling lambat tanggal 10 bulan Januari tahun anggaran berikutnya.
Peraturan Menteri Dalam Nomor 32 tahun 2011 merupakan langkah maju untuk menghindarkan pejabat pengeloa atau penerima bantuan sosial tersandung masalah hukum. Keuntungan lainnya adalah menghindarkan kepentingan kelompok. Jika memakai pola yang lama, yang mengajukan permohonan lebih dulu bisa saja tidak diperhatikan dengan yang belakangan.
Dengan dikeluarkannya Peraturan tersebut diharapkan pada belanja bantuan sosial akan tercipta tertib administrasi dalam penganggarannya, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, monitoring dan evaluasi pemberian belanja bantuan sosial. Dan bagi pejabat pengelola maupun penerima bantuan sosial yang telah menjalankan tugasnya sesuai ketentuan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Nomor 32 tahun 2011 dapat terhindar dari masalah hukum. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading