Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

LKPJ Gubernur Segera ke DPRD Sulut

Staff Manado Today   |   29 April 2011 – 19:24 WITA

Manado Today – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) akan segera mengajukan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur tahun 2010, ke DPRD setempat guna dibahas dan dievaluasi.“Kajian LKPJ di tangan Pemprov tidak lama lagi usai, dan segera diajukan, sehingga DPRD bisa membahasnya,” kata Asisten III Bidang Administrasi Pemprov Sulut Gemmy Kawatu, di Manado, Jumat.

Penyampaian LKPJ Gubernur ke DPRD merupakan amanat undang-undang yang harus dilakukan, sehingga bisa dievaluasi kinerja pemerintahan dan pembangunan apakah sudah berhasil dan sesuai program kerja atau tidak.

“LKPJ Gubernur Sulut sebenarnya sudah siap namun masih ada beberapa kekurangan yang dilengkapi. Sementara lembaga DPRD juga belum mengagendakan kapan pelaksanaan itu,” katanya.

Sementara Kabag Otonomi dan Hubungan Antar Lembaga Pemprov Sulut James Kewas mengatakan, LKPJ itu disusun dan dilaporkan ke DPRD minimal tiga bulan setelah tahun anggaran baru berjalan, hanya saja lembaga DPRD masih disibukan dengan berbagai aktifitas sehingga belum juga diagendakan.

Menurutnya, LKPJ Gubernur Sulut tahun 2010 lalu sudah mengakomodir semua tugas dalam program dalam satu tahun, baik itu bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Satu tahun pemerintahan Gubernur SH Sarundajang cukup banyak keberhasilan. Dan kami yakin ini akan diterima baik oleh lembaga DPRD sebagai representasi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, pengurus Gerakan Peduli Rakyat Sulut (GPRS)Taufik Tumbelaka menilai, LKPJ kepala daerah saat ini tidak lagi seperti tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan aturan lama, bahwa jika pemerintahan dianggap tidak berhasil bisa dihentikan pejabatnya.

“Gubernur atau Bupati/Wali Kota hanya melaporkan hasil evaluasi kinerja selama setahun, dan DPRD tidak memiliki lagi kewenangan untuk menjatuhkan kepala daerah,” jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Sulut Arthur Kotambunan mengatakan, pihaknya siap membahas LKPJ Gubernur Sulut jika sudah diajukan secara resmi ke lembaga itu.

“Kami masih menunggu penyampaian LKPJ itu, dan kemungkinan besar LKPJ itu akan dibahas secara komprehensif dengan membentuk panitia khusus,” jelasnya.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading