Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Lokon Erupsi Lagi, Debu Capai 1.500 Meter

Ardi Kalumata   |   6 Januari 2012 – 21:42 WITA
Gunung Lokon

Gunung Lokon kembali meletus

Tomohon, MTC – Gunung Lokon yang terletak di Kota Tomohon Sulawesi Utara kembali erupsi mengeluarkan material debu pada pukul 20:55 Wita. Letusan kali ini boleh dibilang agar besar. Debu diperkirakan mencapai ketinggian 1.500 meter di udara.
Letusan itu sendiri sempat mengagetkan warga yang berada di sekitar 3,5 kilometer dari kawah Tompaluan, terutama warga Kinilow dan Kakaskasen. ‘’Kami mendengar dentuman agak keras disertai goncangan. Mata kami langsung tertuju ke Gunung Lokon. Benar saja, pada saat bersamaan, di kawah terlihat agak terang-benderang dan debu keluar membumbung ke atas,’’ ungkap Sonny dan Marthen, warga Kakaskasen.
Sementara Kepala Pos Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Lokon dan Mahawu Farid Ruskanda Bina mengatakan, sebelum letusan, sedikitnya terjasi seratus kali gempa.
Menyikapi hal ini, Pemkot Tomohon melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon Ir Royke Ambrosius Roeroe meminta agar warga di sekitar Gunung Lokon meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya letusan yang yang lebih dahsyat. Pihak BPBD Kota Tomohon sendiri tetap menyiagakan personil untuk mengantisipasi kemungkinan yang ada terjadi. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading