Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Lomba Gerak Jalan “17 – 8 – 45” Km Warnai Pencanangan Peringatan HUT Kemerdekaan di Pemprov Sulut

Tonny Sumakul   |   10 Agustus 2012 – 20:20 WITA
HUT Sulut

Wagub Kansil pada pencanangan lomba memperingati HUT Kemerdekaan RI ke - 67 di Pemprov Sulut

MANADO, (manadotoday.com) – Rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 67 dan HUT Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke – 48 tahun 2012 ini di Pemprov Sulut, resmi dibuka Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil MPd, Jumat (10/8).

Menariknya, dalam pencanangan kegiatan lomba yang dilaksanakan di halaman kantor gubernur Sulut itu, diawali dengan lomba gerak jalan 17 kilometer (km), 8 km, dan 45 km, atau disesuaikan dengan Hari Kemerdekaan RI, yang jatuh pada 17 Agustus 1945 (17-8-45).

Pada pencanangan kegiatan itu, ditandai penekanan tombol pembukaan selubung logo HUT Proklamasi dan logo HUT Provinsi Sulut, serta melepas balon gas yang dilakukan Wagub Kansil bersama Unsur Forkopimda Sulut.

Lomba gerak jalan 17 km, diikuti siswa dari sejumlah SMA di Kota Manado dan Organisasi Kewanitaan. Untuk 8 km, diikuti pelajar tingkat SD dan SMP dari beberapa sekolah, dan untuk lomba 45 km yang mengambil start di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa, diikuti dari unsur TNI/Polri dan organisasi masyarakat.

Wagub Kansil dalam pencanangan tersebut, menyatakan jika berbagai kegiatan yang direncanakan dilakukan Pemprov Sulut, telah dipersiapkan sebaik mungkin.

“Lomba-lomba ini juga adalah semata-mata untuk menggelorakan spirit juang, spirit nasionalisme, spirit membangun dari komponen anak bangsa di Sulut, juga mengajak masyarakat tetap konsisten dan berkarya bagi bangsa dan daerah,” ujar Kansil.

Kata dia, dalam meneruskan cita-cita pejuang kemerdekaan, diharapkan tak meninggalkan ataupun mengkikis sedikitpun nilai-nilai kebhinekaan, yang sudah menjadi fondasi harmonisasi kehidupan yang indah selama ini.

“Saya berharap, nuansa kebersamaan masyarakat di Sulut, terus terjaga guna suksesnya pembangunan di daerah ini,” terang Kansil, seraya menambahkan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan Pemprov Sulut juga, diharapkan mendapat dukungan semua pihak.

Sementara Ketua Panitia HUT Kemerdekaan dan HUT Provinsi Sulut tahun 2012 ini, Asisten III bidang Administrasi Umum, Edwin Silangen mengatakan, untuk tema HUT Proklamasi ke – 67 ini, yaitu “Dengan Semagat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras Untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-Hasil Pembangunan Untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Sedangkan HUT Provinsi Sulut ke – 48, mengambil tema “Dengan Semangat HUT ke-48, Kita Mantapkan Kebersamaan dan Kegotongroyongan, Untuk Menjadikan Sulut Sebagai Beranda Terdepan Pemersatu Kehidupan Kemajemukan Menuju Masyarakat Berbudaya, Berdaya Saing dan Sejahtera Dalam Ikatan Negara Kesatuan RI”. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading