Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Lomban : Utamakan Toleransi Antar Umat Beragama

Staff Manado Today   |   26 Juli 2011 – 13:47 WITA

Bitung Today – Wakil Walikota Bitung, Maximilian J Lomban, mengajak kepada masyarakat Bitung agar mengutamakan sikap toleransi antar umat beragama, mengingat dalam waktu dekat umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan.

“Bagi yang beragama non muslim, marilah kita bersama-sama menghormati umat muslim dalam menjalankan ibadah puasanya,” ujar Lomban di Pemkot Bitung.

Lomban mengatakan sikap toleransi ini penting dalam mewujudkan Kota Bitung yang aman dan tentram.

“Dengan bersama-sama menjaga keamanan, bukan tidak mungkin keadaan kondusif dapat terjadi di Kota Bitung,” kata Lomban.

Lomban berharap kepada umat yang menjalankan ibadah puasa, agar mampu mewujudkan ibadahnya dengan baik.

“Saya berharap bagi umat muslim, jangan jadikan ibadah puasa ini sebagai sebuah momentum semata, tapi dapat diwujudkan lewat pribadi masing-masing, sehingga amal puasanya menjadikan berkat bagi orang lain lebih khusus Kota Bitung,” ujar Lomban.

Menyangkut kemanan jelang puasa, ujar Lomban, pemerintah akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Koordinasi ini penting agar kelangsungan keamanan dan ketentraman Kota Bitung berlangsung sesuai diharapkan,” kata Lomban.

Tak lepas dari itu, kata Lomban, Pemerintah Kota Bitung akan meminta petunjuk dari kepolisian, agar peran satuan Polisi Pamong Praja (SP3) dapat dilibatkan dalam melakukan pengamanan bersama.

“Agar tidak terjadi tumpang tindih antara pihak kepolisian dan SP3, maka kami dalam hal ini Pemerintah Kota Bitung, akan berkoordinasi mengenai tugas dan peran SP3, sehingga segala pekerjaan dilakukan dengan terorganisir,” katanya.

Namun demikian, kata Lomban, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ketika umat muslim menjalani ibadah puasa atau Idul Fitri, tidak ada masalah.

“Sehingga keadaan inilah menjadi contoh sehingga terwujudnya sikap toleransi antar umat beragama,” kata Lomban. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading