Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa Tenggara

Lombu : Hasil Perjalanan Dinas DPRD Minahasa Tenggara 2011 Tak Berdampak Positif ke Masyarakat

David Masengi   |   13 April 2012 – 13:04 WITA

RATAHAN, (manadotoday.com) – Perjalanan dinas ke luar daerah DPRD Minahasa Tenggara (Mitra) pada tahun 2011 lalu, yang menelan anggaran Miliaran rupiah terus menuai sorotan. Pasalnya, perjalanan dinas DPRD yang dikemas dalam Bimbingan Tehnik (Bimtek), Kunjungan Kerja (Kunker) dan Konsultasi yang dilakukan dua kali dalam sebulan, dinilai sejumlah kalangan tak berdampak positif bagi masyarakat Mitra.

Seperti halnya yang diutarakan oleh Robby Lumbu ST, tokoh masyarakat Mitra, yang menyatakan perjalanan dinas DPRD Mitra selang tahun 2011, tidak ada efek positif untuk masyarakat.

“Yang saya rasakan imbas dari perjalanan Dinas DPRD pada tahun 2011 lalu, belum nampak di masyarakat,” tandasnya.

Harusnya kata Lombu, setiap perjalan Dinas DPRD harus dipertanggungjawabkan ke publik dan dapat menghasilkan produk atau Perda yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Karena yang digunakan adalah uang Rakyat, sudah sewajarnya hasil dari perjalanan dinas disampaikan ke masyarakat, ” ujarnya sembari menambahkan dari informasi yang Ia dapatkan banyak legislator yang melaukan perjalan dinas justru hanya jalan-jalan dan hanya formalitas belaka.

Senada itu, Sekertaris Minahasa Tenggara Coruption Watch (MCW) Oding Rantung meminta agar perjalanan dinas yang dilakukan oleh DPRD Mitra pada 2011 lalu, harus dipertanggungjawabkan, apalagi pos anggaran yang tertata untuk itu begitu fantastis.

“Kami minta agar agar pihak yang berwajib segera melakukan penyelidikan terhadap SPPD DPRD Mitra tahun 2011 karena diduga bermasalah,” ujarnya.

Sementara dari data yang dirangkum, Jumlah Anggaran DPRD Tertata Dalam APBD 2011, setelah Perubahan APBD Total Rp 19.229.811.585. Dengan rincian Belanja tak langsung Rp 3.040.810.385, Program Pelayanan Administrasi Perkantoran Rp 16.189.001, Peningkatan sarana dan prasarana aparatur Rp 3.708.425.000, Peningkatan disiplin aparatur Rp 2.277.630.000, Peningkatan kapasitas sumber daya aparatur Rp 160.475.000, Peningkatan sistim pelaporan peningkatan kinerja dan keuangan Rp. 65.250.000, Peningkatan Kapasitas Lembaga Perwakilan Rakyat yang inklud didalamnya perjalanan Dinas Rp 9.325.675.000. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading