Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Lumentut Ajak SKPD Bangun Manado Tanpa Pekerja Anak

Staff Manado Today   |   9 Mei 2011 – 21:21 WITA

Manado Today – Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MM MSi DEA, mengajak kepada semua SKPD di Pemerintahan Kota Manado untuk terlibat langsung dalam kegiatan program Pengurangan Pekerja Anak-Program Keluarga Harapan (PPA-PKH).Pasalnya, sebagaimana sasaran program PPA-PKH tahun 2011 meliputi 56 Kabupaten/Kota pada 15 Provinsi, termasuk di dalamnya Sulawesi Utara mendapatkan 3 Kabupaten/Kota, salah satunya Manado dengan kuota 60 anak program PPA-PKH.

“Saya minta kepada semua SKPD agar dapat berperan aktif dalam menunjang keberhasilan program ini. Lebih khusus kepada dinas pendidikan kota manado, diharapkan agar dapat memfasilitasi anak-anak peserta program menuju jenjang pendidikan,” ujar Lumentut.

Lanjut dikatakan visioner bersahaja ini agar bukan hanya instansi teknis terkait, namun bersama-sama mantapkan komitmen dan kordinasi dalam hal pemantauan.

“Penanganan penghapusan pekerja anak dan mengembalikan mereka ke dunia pendidikan menuju kehidupan lebih layak bagi perkembangan intelektual dan kepribadian. Saya mengajak mari kita membangun masa depan tanpa pekerja anak,”jelasnya.

Lebih jauh Walikota merujuk pada UU RI No.23 thn 2002 tentang Perlindungan anak. Dinyatakan bahwa anak adalah tunas, potensi d?n generasi muda penerus cita-cita bangsa, memiliki peran strategis, mempunyai ciri dan sifat khusus yang menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa depan.

Dimana setiap anak berhak untuk dapat hidup tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari diskriminasi dan kekerasan.

“ Kita harus mengantisipasi masa depan yang suram agar tidak terperangkap dalam rantai kemiskinan dari generasi ke generasi,” tandasnya..

Untuk itulah pemerintah berkomitmen untuk mengurangi bahkan menghapus pekerja anak dari rumah tangga sangat miskin melalui program PPA-PKH dengan menarik mereka dari tempat kerja dan mengembalikan ke dunia pendidikan melalui pendampingan di shelter.

“Program PPA-PKH ini akan memastikan anak bangsa terlindungi hak asasinya serta akan memaksimalkan kualitas eksistensi. Perannya untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodratnya, sehingga terbentuk generasi yang tangguh dan berdaya saing demi masa depan bangsa,” kuncinya. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading