Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Lumentut: Kota Manado Harus Bebas Rumah Kumuh!

Aldi Mawitjere   |   4 April 2012 – 09:40 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Walikota GS Vicky Lumentut, telah menginstruksikan para Camat hingga Kepala Lingkungan untuk melakukan pendataan rumah kumu atau tidak layak huni di Kota Manado. Pasalnya, dengan data tersebut program perbaikan rumah menujuh Manado bebas rumah kumuh akan terealisasi.

Lumentut: Kota Manado Harus Bebas Rumah Kumuh!

Walikota Manado, Vicky Lumentut

“Kita akan berupaya agar Kota Manado bebas dari rumah kumu atau tak layak huni,” ujar Lumentut.

Nantinya kata Lumentut, terget perbaikan rumah atau bedah rumah kumuh, akan tersebar disemua wilayah di sembilan kecamatan di Ibukota Provinsi Sulawesi Utara itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemkot Manado, Frans ‘Noldi’ Mawitjere SH, mengatakan, selain program perbaikan rumah dari Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) ada juga program dari Kementerian Sosial untuk Kota Manado.

“Untuk bantuan 100 rumah dari Kementerian sosial finisingnya,  sudah sekitar 95 persen,” ujar Mawitjere, sembari menambahkan terbanyak di wilayah utara Manado.

“Sasaran terbanyak di wilayan Manado Utara,” lanjutnya..

Hanya saja menurut Mawitjere, untuk menghidari tak terjadi tumpang tindi, pihaknya akan melakukan koordinasi lintas SKPD terkait, seperti Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum, juga pemerintah Kecamatan, terkait data rumah tak layak huni dengan yang sudah mendapatkan bantuan tersebut.

“Bantuan di Dinas Sosial, selain bantuan kementerian sosial berupa Rp. 1 miliar untuk saratus rumah, juga ada bantuan rumah dari kementerian kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

Disinggung terkait penyaluran dana untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni tersebut, kata mantan camat Wanea itu, akan melalui kelompok masyarakat miskin yang dibentuk oleh Dinas Sosial.

“Jadi dana itu tidak melalui Dinas akan tetapi langsung ke rekening para kelompok. Makanya, saya mengingatkan kepada kelompok maupun kepada tim untuk tidak menyalagunakan dana tersebut karena bisa berujung pada pidana,” tukasnya. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading