Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Lumentut Minta Camat Data Rumah Kumuh di Manado

Aldi Mawitjere   |   14 Maret 2012 – 09:33 WITA
Vicky Lumentut

Walikota Manado Dr. Ir. GS Vicky Lumentut

Manado, (manadotoday.com) — Walikota Manado GS Vicky Lumentut menginstruksikan kepada para Camat untuk mendata rumah kumuh di wilayahnya masing-masing. Kenapa? Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan melakukan program perbaikan rumah tidak layak huni.
Terkait hal tersebut, Pemkot Manado langsung action melakukan rapat khusus ditindaklanjuti dengan pendataan.
“Sebagaimana arahan Gubernur Sulut terkait dengan program kemenpera bedah rumah. Untuk itu, saya mengundang semua camat untuk mendata setiap wilayah lingkungan di kelurahan agar menemukan data rill,”terang GSVL sapaan akrab Walikota.
Lumentut sendiri telah melakukan kunjungan ke beberapa Kecamatan seperti Bunaken, Wanea dan Sario terkait bedah rumah tidak layak huni. Nantinya, setelah mendapat data akurat, jumlah rumah tidak layak huni akan dikompilasikan datanya dan kemudian akan dilaporkan ke Gubernur.
“Sekiranya dengan data tersebut, bisa kita berjuang bersama-sama memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh pemerintah melalui kementrian perumahan dalam rangka mendapatkan bantuan untuk perbaikan lingkungan perumahan. Dengan adanya petunjuk dari Gubernur, kita sudah melaksanakan pendataan secara komperhensif, intinya untuk membantu warga yang masih tinggal di rumah yang tidak layak,”jelas Lumentut.
Harapan kedepan, dengan adanya perbaikan rumah, kesehatan masyarakat dan tingkat perekonomiannya akan membaik.
“Tujuannya sudah jelas, pasti untuk kesehatan dan peningkatan perekonomian masyarakat,”pungkasnya.
Lebih jauh dikatakan Lumentut, untuk nominal perbaikan rumah dari kemenpera bervariasi mulai dari Rp 5 Juta hingga Rp 20 Juta sesuai dengan tingkat kondisi bangunan.
Sesuai penjelasan pak menteri ketika saya mendengar di Jakarta lalu, nominal perbaikan rumah itu minimal Rp5 juta namun bervariasi sesuai dengan tingkat kondisi dari pada bangunan, dan bisa sampai Rp20 juta. Itu yang tersedia difasilitasi dari pemerintah melalui kementrian perumahan.”kunci GSVL.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading