Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Lumentut : Pembayaran TTP Tidak Boleh Melanggar Hukum

Aldi Mawitjere   |   9 Januari 2012 – 22:30 WITA

Vicky LumentutManado, MTC – Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Senin (09/01/2012) memberikan penjelasan secara terbuka kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentang hak kewajiban, terutama soal pembayaran gaji dan Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP). Pasalnya, keterlambatan gaji dan tuntutan pembayaran TTP oleh PNS di Pemkot Manado akhir-akhir ini ternyata menjadi perhatian Walikota.
“Pembayaran gaji PNS yang biasanya dilakukan tanggal 5 bulan berjalan, kali ini memang gaji agak terlambat dibayarkan karena pengajuan SPM oleh para bendahara di SKPD baru diproses. Saya mengingatkan agar para pejabat terkait dapat menyalurkan hak para PNS secara tertib dan bertanggung jawab,” ujar GSVL sapaan akrab Walikota.
Sementara itu, terkait TTP bulan November dan Desember 2011, kata Lumentut bahwa sumber pembayaran TTP adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD).
“‘Sejak beberapa bulan menjelang akhir tahun 2011 lalu, saya sudah sering menyampaikan bahwa TTP itu pembayarannya bukan bersumber dari DAU atau DAK. Jadi kalau PAD kita tidak memenuhi target, kita tidak bisa membayarkannya. Pembayaran TTP tidak boleh melanggar hukum. Tahun 2011 lalu, PAD kita defisit sekitar 30 milliar, defisit itu termasuk TTP November-Desember, “ jelasnya.
Lebih jauh dikatakan Ketua DPD Partai Demokrat Sulut itu, semuanya sangat erat dengan kinerja PNS di lingkup Pemkot Manado terlebih SKPD pengumpul PAD.
“Ini semua ada hubungannya dengan kinerja kita sendiri, terutama SKPD Pengelola PAD dan proyeksi APBD kita harus disesuaikan dengan kemampuan daerah. Tahun 2011 lalu, memang TTP hanya dianggarkan untuk 10 bulan. Kalau tahun ini kita menerapkan tahun disiplin Kota Manado, dan itu harus dimulai dari diri kita sendiri, termasuk di dalamnya Budaya Tertib dalam pengelolaan anggaran,”terangnya lagi.
Hanya saja diakhir sambutannya tersebut Lumentut, memberikan harapan terbukanya kemungkinan realisasi pembayaran TTP untuk bulan November 2011, melalui Dana bagi hasil dari pemerintah provinsi, sekalipun harapan tersebut akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Menariknya, keberanian Walikota menyampaikan secara blak-blakan secara terbuka terkait kewajiban dan hak terutama gaji dan TTP itu mendapat pengakuan dari sejumlah kepala SKPD.
“Salut atas keterbukaan dan keberanian Walikota, dengan penjelasan tersebut terkait TTP dan keterlambatan gaji bisa dipahami PNS Pemkot,”singkat mereka.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading