Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Lumentut: Penertiban Pedagang Pengecer BBM, Upaya Pemkot Lindungi Masyarakat

Staff Manado Today   |   27 Juli 2011 – 21:05 WITA

Manado Today – Pemkot Manado dalam waktu dekat ini akan melakukan penertiban pedagang pengecer Bahan Bakar Minyak (BBM) di semua wilayah Manado. Namun upaya penertiban tersebut mendapat keluhan warga masyarakat pedagang.

Tak pelak, Walikota DR GS Vicky Lumentut MM MSI DEA SH, angkat bicara dan mengatakan bahwa upaya penertiban untuk melindungi masyarakat dari jeratan hukum.

Menurutnya, aturan sangat jelas tertuang dalam undang-undang nomor 22 tahun 2001 pasal 55 yakni setiap orang yang menyalahgunakan pengangkutan atau niaga bahan bakar minyak bersubsidi akan terkena pidana penjara paling lama enam tahun dan denda paling tinggi Rp 60 miliar.

“Upaya penertiban mengantisipasi warga masyarakat pengencer dari aturan tersebut,”ujarnya.

Lanjut dikatakannya, sangat antisipatif terhadap bahaya kebakaran yang diakibatkan oleh BBM eceran dari warga masyarakat. “Kami meminta warga manado sadar akan hal ini,”pintanya.

Lebih jauh dikatakan Lumentut, hasil rapat beberapa waktu yang lalu dengan Muspida dan Pertamina, pemilik SPBU serta Hiswana Migas, diusulkan beberapa langkah yang harus dilakukan pemerintah. Antara lain penambahan kuota BBM kepada BP Hilir Migas, Kementrian ESDM dan Gubernur Sulawesi Utara.

“Pengsulan kuota BBM sudah dilakukan kepada Pertamina dan tinggal menunggu jawaban dari Pusat,”tukasnya.

Lumentut pun menambahkan agar Pertamina mengawasi dan mengawal pendistribusian BBM mulai dari Depot Bitung sampai ke SPBU yang tersebar di Kota Manado..”Pertamina juga diminta melakukan sidak terhadap perusahan-perusahan yang menggunakan BBM (solar) bersubsidi,”tandasnya.

Pemerintah sangat menginginkan situasi yang aman dan kondusif di Kota Manado. Untuk itu dimintakan kerja sama yang baik dari semua pihak terkait penanganan secara arif dan bijaksana masalah kelangkaan dan antrian BBM sehingga masyarakat bisa menikmati lagi keadaan yang normal seperti biasanya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading