Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Lunas 100 Persen, Lima Kecamatan Mitra Dapatkan Insentif

Redaksi Manado Today   |   19 Agustus 2011 – 15:36 WITA

Ratahan Today – Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikumpulkan tiap kecamatan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus diinventarisasi.
Ada lima kecamatan yang capaiannya telah seratus persen.

Sementara ada beberapa kecamatan yang capaiannya PBB-nya, jauh di bawah standar. Kecamatan Belang misalnya, baru meraup 18 persen dari target PBB kecamatan pimpinana Camat Drs Basir Paturusi tersebut.
Dari 12 kecamatan di Mitra, baru lima kecamatan yang telah lunas PBB 100 persen, masing-masing Kecamatan Ratatotok, Kecamatan Pusomaen, Kecamatan Touluaan Selatan, Kecamatan Ratahan Timur dan Kecamatan Pasan.
Menurut Kepala Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Mitra, Drs Arie J Wua SE ME, lima kecamatan ini mendapatkan insentif yang diserahkan langsung oleh Bupati. “Insentif itu berupa sejumlah uang dalam jumlah bervariasi, tergantung target yang dipatok untuk masing-masing kecamatan. Selain itu mereka juga mendapatkan piagam penghargaan dari Bupati,” urainya.
Khusus untuk Kecamatan Ratatotok yang menjadi kecamatan pertama yang lunas PBB mendapatkan tambahan hadiah berupa satu set laptop. “Ini merupakan rangsangan bagi kecamatan lain untuk bersaing secara sehat melunasi target PBB di kecamatan masing-masing,” terang Wua.
Sementara tujuh kecamatan yang belum lunas PBB terdiri atas Kecamatan Ratahan (93,26 per-sen), Kecamatan Tombatu (92,55 persen), Kecamatan Tombatu Timur (67,60 persen), Kecamatan Touluaan (46,32 persen), Kecamatan Sillian 42,03 (persen), Kecamatan Tombatu Utara (24,62 persen), dan Kecamatan Belang (18,05 persen). “Secara keseluruhan, hingga 16 Agustus, PBB Mitra telah teralisasi Rp 570.307.020 atau 73 persen dari target yang dipatok senilai Rp 781.026.711,” tukas Wua.
Sementara untuk tingkat desa, 144 desa/kelurahan yang ada, 90 desa/kelurahan di antaranya telah lunas PBB 100 persen. Khusus untuk desa Basaan yang menjadi pertama dalam pelunasan PBB juga mendapatkan. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading