Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Lurah Kumersot Bantah Terima Upeti Dari Pembalak Liar

Aldy Monareh   |   30 September 2011 – 15:20 WITA

Bitung Today – Aksi pembalakan liar di Kaki Gunung Klabat yang masih menjadi kawasan hutan yang disinyalir sejumlah tokoh masyarakat di back-up sang Lurah karena mendapat upeti dari para pelaku pembalak liar, dibantah keras oleh Lurah Kumersot Mampow Luntungan.

Menurut Luntungan bahwa tidak benar Ia mendapatkan upeti dari pembalak liar.

”Tidak benar saya mendapatkan bayaran dari warga yang melakukan penebangan,” tandas Luntungan kepada manandotoday Jumat (30/9/2011).

Yang benar menurut Luntungan bahwa pihaknya menyarankan ke warga, jika melakukan penebangan pohon harus mengurus ijin ke Dinas Kehutanan yang merupakan instansi berwenang sekalipun pohon yang ditebang berada di atas lokasi perkebunan warga.

”Jika penebangan dilakukan dilokasi hutan lindung saya tentunya yang pertama akan menindakinya, karena jelas itu melanggar aturan,” terangnya.

Malah menurut Luntungan Ia telah menyampaikan ke warga jika mengetahui dan mendapati ada yang melakukan penebangan di areal hutan lindung Gunung Klabat, kayu hasil olahan dibawa ke BPU Kelurahan.

”Saya juga tahu menyalahi aturan jika melakukan penebangan di areal hutan lindung, jadi saya tidak mungkin melakukannya apalagi saya adalah aparat pemerintah,” tandasnya.

Sementara di kesempatan yang sama Camat Ranowulu Pingkan Kapoh, yang kebetulan saat itu bersama lurah Kumersot menimpali jika memang Lurah terbukti melindungi para pembalak liar akan saya usulkan untuk diganti.

”Jika lurah tebukti melindungi akan saya ganti. Apalagi pemerintah Kecamatan Ranowulu sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang keselamatan lingkungan hutan,” timpalnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading